Agar Tak Punah, Hasan Basri Sagala Ingin Hidupkan Tradisi Al Barzanji

Tradisi Barzanji sangat berkembang di pesisir Pantai Timur

Medan, IDN Times - Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara, Hasan Basri Sagala mengajak para pengurus BKM dan majelis pengajian kaum Ibu, menghidupkan dan mempelajari kembali tradisi Al Barzanji sebagai penghormatan dan puji pujian terhadap Rasulullah Muhammad SAW.

Hal ini dinyatakannya ketika diminta untuk menyampaikan sambutan silahturrahmi di hadapan jamaah saat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan BKM Asy Syafiiyah, Minggu, (22/9/2024) di Masjid Asy Syafiyah, Jalan Sunumba Raya, no 1 Medan.

”Masa kecil saya, tradisi Barzanji sangat berkembang di pesisir Melayu Pantai Timur, dikumandangkan saat peringatan maulid nabi maupun acara syukuran kelahiran anak maupun pernikahan. Saat ini sudah mulai hilang," ujar aIumni UIN Sumut ini.

Menurut Hasan Basri Sagala, kitab AI Barzanji karya Syekh Achmad AI Barzanji berisikan syair-syair indah berisi tentang riwayat hidup nabi Muhammad SAW sejak lahir hingga wafat.

AI Barzanji di bacakan Hasan Sagala dengan maksud mengantarkan berbagai kebaikan dan keridhaan. Apalagi dengan membaca syair itu menurutnya bisa mengetahui sosok Nabi Muhammad sehingga dapat menjadi suri teladan terutama bagi generasi muda.

Untuk itu, Calon Wakil Gubernur ini mengajak BKM untuk menghidupkan kembali dan mengajarkannya kepada generasi muda bahkan dilakukan perlombaan terutama saat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

”Kedepan tradisi budaya ini perlu dikembangkan dan perlu di pelajari dengan berbagai irama raz, nahwan, dan lain-lain,” ujar Hasan Basri seraya mengumandangkan barjanzi dengan suara merdunya di hadapan jamaah.

Baca Juga: Lebih dari 400 Kios Pasar Horas Siantar Terbakar

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya