Abdillah Mundur, Ini 22 Nama Bacalon DPD RI Sumut yang Memenuhi Syarat

KPU RI yang akan menetapkan menjadi Calon DPD

Medan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) melakukan rekapitulasi dan penetapan hasil akhir bakal calon (Bacalon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Sebanyak 22 Bacalon dinyatakan memenuhi syarat (MS).

Awalnya ada 23 Bacalon yang lolos berkas. Namun Abdillah, eks Wali Kota Medan menyatakan mengundurkan diri sebelum verifikasi faktual dilakukan.

1. Sudah memenuhi syarat minimal dukungan pemilih dan sebaran

Abdillah Mundur, Ini 22 Nama Bacalon DPD RI Sumut yang Memenuhi SyaratIDN Times/Istimewa

Komisioner KPU Sumut, Batara Manurung, mengatakan, dalam verifikasi faktual tahap dua dinyatakan 17 bacalon memenuhi syarat, karena satu orang bacalon mengundurkan diri. Sehingga penetapan rekapitulasi akhir menjadi 22 orang.

“Karena ada lima sebelumnya sudah memenuhi syarat pada rekap awal. Sehingga dari hasil rekap akhir, ada 22 bacalon DPD RI yang dinyatakan memenuhi syarat minimal dukungan pemilih dan sebaran,” kata Batara di Hotel JW Marriot Medan, Selasa (11/4/2023).

2. Berkas akan dikirim ke KPU RI untuk ditetapkan menjadi calon DPD

Abdillah Mundur, Ini 22 Nama Bacalon DPD RI Sumut yang Memenuhi SyaratKetua KPU RI Ilham Saputra melakukan simulasi pencoblosan untuk Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (22/3/2022). Rencananya, surat suara untuk Pemilu 2024 hanya berjumlah dua surat suara. (IDN Times/Melani Hermalia Putri)

Batara menyebutkan, nama 22 Bacalon ini, akan disampaikan kepada KPU RI, lalu kemudian ditetapkan menjadi calon DPD. Penetapan ini akan secepatnya dilakukan oleh KPU RI.

“Nanti KPU RI akan menetapkan, hasil rekapitulasi dan hasil itulah yang kemudian digunakan untuk pencalonan. Nanti itu diumumkan ke publik dan disampaikan pada bacalon untuk dapat digunakan proses pencalonannya pada 1 Mei 2023,” pungkasnya.

3. Berikut nama-namanya

Abdillah Mundur, Ini 22 Nama Bacalon DPD RI Sumut yang Memenuhi SyaratIlustrasi simulasi pencoblosan untuk Pemilu 2024. (IDN Times/Melani Hermalia Putri)

Berikut Daftar Nama-nama Bakal Calon DPD RI asal Sumut yang Memenuhi Syarat:

1. Abdon Nababan

2. Albiner Sitompul

3. Andi Junianto Barus

4. Bahrul Ulum Harahap

5. Darwis H. Harahap

6. Emsah Perangin-angin

7. Ikhwaluddin Simatupang

8. Iskandar Sembiring

9. Joko Susilo

10. M. Firman Syah

11. Parlindungan Purba

12. Parulian Siregar

13. Penrad Siagian

14. Rafdinal

15. Rosdiana

16. Samulya Surya Indra

17. Sukadi

18. Muhammad Nuh

19. Faisal Amri

20. Dedi Iskandar Batubara

21. Badikenita Br. Sitepu

22. Sabam Parsaoran Parulian Manalu

Baca Juga: Mengenal Oloan Nababan, Eks Tukang Semir yang Kini Punya Harta Rp95 M

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya