2023, Adira Finance Sumbagut Bukukan Pertumbuhan 41 Persen

Adira Expo 2024 berlangsung pada 1-3 Maret 2024

Medan, IDN Times - PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance) Area Sumatera Bagian Utara berhasil mencatatkan pertumbuhan pembiayaan mencapai 41% y/y menjadi Rp5,4 triliun.

Kenaikan ini terutama didorong pertumbuhan pembiayaan baru segmen mobil dan motor dengan persentase masing-masing sebesar 44% y/y dan 34% y/y. Sementara itu, segmen non otomotif tumbuh sebesar 45% y/y.

Pencapaian ini sejalan dengan membaiknya kondisi ekonomi di Indonesia di tahun 2023 dimana penjualan ritel sepeda motor baru mencatatkan pertumbuhan sebesar 12% (y/y) menjadi 6,0 juta unit. Sementara itu, penjualan ritel mobil baru, mengalami penurunan sebesar 2% (y/y) menjadi 998 ribu unit di FY23.

Mengingat penetrasi mobil masih rendah, terdapat potensi pertumbuhan penjualan mobil ke depannya.

1. Pembiayaan baru di segmen syariah sebesar Rp8,9 triliun

2023, Adira Finance Sumbagut Bukukan Pertumbuhan 41 PersenAdira Festival 2023 di Makassar jadi ajang hiburan gratis bagi masyarakat dengan menghadirkan pelaku UMKM lokal. (Dok. Istimewa)

Sepanjang tahun 2023, secara nasional Adira Finance menyalurkan pembiayaan baru di segmen syariah sebesar Rp8,9 triliun atau mengalami kenaikan sebesar 34% y/y.

Sedangkan khusus untuk Sumatera Bagian Utara, pembiayaan baru yang disalurkan pada segmen syariah sebesar Rp1,7 triliun atau bertumbuh 48.5% y/y. Ekspansi pembiayaan syariah ini didukung oleh kegiatan pemasaran yang agresif, melalui berbagai kanal penjualan di komunitas syariah, kampanye edukasi masyarakat, dan produk-produk seperti AMANAH (Adira Multi Dana Syariah), sebuah solusi multi-financing yang didasarkan pada prinsip-prinsip syariah.

Sebagai upaya melanjutkan strategi perusahaan untuk fokus kepada konsumen, tahun ini perusahaan kembali menghadirkan pameran Adira Expo 2024 yang bertajuk “Sering Order Banyak Tawaran (SOBAT)”. Adira Expo 2024, merupakan offline event yang menyediakan berbagai promo dan benefit (keuntungan) kepada pelanggan yang ingin melakukan pembelian mobil (baru/ bekas), motor (baru/ bekas), pinjaman dana tunai dengan jaminan BPKB, durables (elektronik & furnitur) dengan menggunakan pembiayaan Adira Finance, baik konvensional maupun prinsip syariah.

“Adira Finance selalu menempatkan pelanggan sebagai fokus utama. Tujuan kami tidak hanya sekedar menjadi perusahaan pembiayaan, tetapi menjadi sahabat setia dalam setiap langkah perjalanan finansial para pelanggan. Oleh karena itu, di awal tahun ini kami selenggarakan pameran Adira Expo yang menghadirkan berbagai penawaran menarik bagi seluruh pelanggan. Di event ini kami juga menghadirkan pembiayaan dengan prinsip syariah. Semakin sering order, semakin banyak tawaran yang kami berikan kepada pelanggan,” ucap Iwan Chandra, Kepala Wilayah Sumatera Bagian Utara Adira Finance.

2. Adira Expo 2024 berlangsung pada 1-3 Maret 2024

2023, Adira Finance Sumbagut Bukukan Pertumbuhan 41 PersenFinancial Expo (FinExpo) di Pakuwon Mall Yogyakarta, Kamis (26/10/2023) - Minggu (29/10/2023). (Dok. Istimewa)

Pameran Adira Expo 2024 berlangsung pada 1-3 Maret 2024 serentak di Lapangan Sepak Bola Alun-Alun, Kota Stabat serta di Suzuya mall, Rantau Prapat. Pengunjung bisa mendapatkan benefit seperti bunga rendah mulai 1,99% p.a, DP dan angsuran ringan, hingga fasilitas approval di tempat. Selain itu, para pengunjung bisa mengikuti berbagai aktivitas seru seperti Dance Competition, Singing Contest, Lomba Mewarnai, Mobile Legend dan berbagai kegiatan seru lainnya serta dapatkan kesempatan memenangkan program undian UMRAH Untuk Sahabat.

UMRAH Untuk Sahabat merupakan program loyalty bagi pelanggan setia Adira Finance yaitu berupa kupon undian berhadiah umrah. Program ini berlangsung sejak Januari hingga Juli 2024. Ratusan pelanggan akan diberangkatkan pada bulan Oktober 2024 oleh Adira Finance ke tanah suci melalui berbagai program, termasuk yang melakukan pengajuan pembiayaan Adira Finance di Pameran Adira Expo 2024.

“Kami menghadirkan Program UMRAH Untuk Sahabat sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan serta menciptakan pengalaman spiritual yang tak terlupakan, khususnya untuk masyarakat di Sumatera Bagian Utara yang notabene penduduk muslimnya mencapai 66,43%” lanjut Iwan Chandra.

3. Bisa mengikuti program UMRAH Untuk Sahabat

2023, Adira Finance Sumbagut Bukukan Pertumbuhan 41 PersenAdira Expo 2024 berlangsung pada 1-3 Maret 2024 (Dok. IDN Times)

Pelanggan yang melakukan transaksi di pameran Adira Expo wajib melakukan claim reward atau kupon undian melalui aplikasi Adiraku untuk bisa mengikuti program undian UMRAH Untuk Sahabat.

Selain melalui Pameran Adira Expo, pelanggan juga bisa mengikuti program UMRAH Untuk Sahabat melalui aplikasi Adiraku dengan cara pembelian asuransi microinsurance (DBD, Tipus, HCP Diseases, Mobilite dan Motolite); perpanjangan asuransi (renewal insurance); dan penukaran 5000 adirapoin dengan kupon undian UMRAH Untuk Sahabat dengan tahapan sebagai berikut:

  • Login aplikasi Adiraku
  • Pada halaman Beranda, klik menu adirapoin
  • Pada halaman adirapoin, klik banner Undian Umrah
  • Muncul halaman penukaran undian, klik Tukar Kupon
  • Pilih jumlah kupon yang akan ditukarkan, lalu klik Tukar Poin
  • Muncul halaman Penukaran kupon undian berhasil.
  • Penukaran adirapoin hanya dapat dilakukan di adiraku versi terbaru

“Kami berharap program ini bisa menjadi sarana untuk para pelanggan mewujudkan mimpinya memiliki produk impian sekaligus beribadah ke tanah suci. Segera kunjungi Adira Expo. Pilih barang sesukanya, ajukan kreditnya. Untuk berbagai kebutuhan Sahabat, Adirain Aja,” tutup Iwan.

Dalam menggelar pameran Adira Expo, Adira Finance bersinergi dengan Bank Danamon dan mitra bisnis termasuk dealer serta merchant untuk menghadirkan solusi finansial yang komprehensif. Pameran Adira Expo akan diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia. Kunjungi media sosial Adira Finance untuk mengetahui jadwal lengkap pameran Adira Expo di kota lainnya.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya