TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Junjung Duli dan Tradisi Kesultanan Deli yang Terancam Tak Digelar

Sultan Deli pilih tak mudik 

instagram/arialamantjiji

Medan, IDN Times – Junjung Duli merupakan tradisi kesultanan Deli yang biasa digelar setiap hari raya di Istana Maimun. Kegiatan ini telah dipertahankan hingga ratusan tahun, dan menjadi sesuatu keunikan yang dinantikan banyak masyarakat.

Namun virus corona yang sudah mewabah hampir keseluruh penjuru dunia, kemungkinan mengancam kegiatan tersebut. Sultan melayu Deli, Tengku Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam Shah masih mempertimbangkan agenda tersebut digelar atau ditiadakan tahun ini. “Sementara masih kita pikirkan soal itu,” jelas Aria kepada IDN Times.

Baca Juga: Maknai Sumpah Pemuda, Sultan Deli Suarakan Toleransi

1. Dampak COVID-19, Sultan Deli tidak pulang ke istananya

instagram/arialamantjiji

Selain itu, dirinya juga merasa sedih karena tak dapat berkumpul bersama dengan sanak saudara seperti biasanya, dikarenakan belum bisa pulang kampung ke Istana Maimun. Saat ini, ia berada di Semarang dan hanya mengikuti arahan pemerintah.

“Saya berada di Semarang. Saya tidak mudik karena mengikuti arahan pemerintah,” ucap Sultan Deli ke-14 di Kesultanan Melayu Deli.

2. Junjung Duli masih dipertimbangkan, mengingat kewaspadaan penyebaran COVID-19

IDN Times/ Dok. Pribadi Sultan Deli

Dalam penjelasannya, kegiatan yang menjadi ciri khas Melayu Deli ini belum memiliki keputusan untuk dilakukan atau ditiadakan. Artinya masih akan menjadi bahan pertimbangan di Kesultanan Deli. Hal ini karena dampak COVID-19, yang mengingatkan untuk selalu waspada terhadap acara atau keramaian untuk dapat memutus rantai penyebaran COVID-19.

“Di samping itu ada beberapa kegiatan yang kami tiadakan yakni ibadah malam Nisfu Syaban kemarin kita tiadakan dikarenakan adanya pandemik. Untuk lebaran sedang kami pikirkan apakah nanti tradisi junjung duli bisa dilaksanakan atau tidak,” ucapnya.

Baca Juga: Menjunjung Duli, Tradisi Angkat Sembah Kesultanan Deli di Maimun

Berita Terkini Lainnya