5 Tips Perawatan Burung Kicau saat Berencana ditinggal Mudik

Biar pemilik tidak takut pulang-pulang burung mati

Mudik atau tradisi pulang ke kampung halaman ketika tiba saat hari raya atau selama periode liburan lainnya, telah lama menjadi bagian integral dari budaya dan tradisi di banyak negara, khususnya di Indonesia.

Saat hendak melakukan perjalanan pulang kampung atau mudik, salah satu dilema yang dihadapi oleh pemilik burung kicau adalah bagaimana memastikan bahwa hewan peliharaan mereka akan tetap dalam kondisi baik ketika mereka harus meninggalkan rumah untuk waktu yang tidak sebentar.

Kekhawatiran ini bukan tanpa alasan, mengingat burung memerlukan perhatian khusus terkait makanan, lingkungan hidup, dan interaksi sosial untuk tetap sehat.

Untuk membantu mengatasi kekhawatiran tersebut, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam perawatan burung kicau saat kamu berencana untuk mudik, yang dirancang untuk memastikan bahwa burung kesayangan tetap sehat dan aman selama kamu berada jauh dari rumah. Simak, ya!

1. Titipkan kepada orang yang tepat

5 Tips Perawatan Burung Kicau saat Berencana ditinggal Mudikilustrasi hewan peliharaan (pexels.com/Japheth Mast)

Jika ada kawan dari sesama kicau mania yang tidak melakukan perjalanan pulang kampung, kamu bisa menitipkan burung kicaumu kepadanya. Hal ini sangat membantu kamu agar nantinya kamu tidak khawatir saat melakukan perjalanan pulang kampung selama berhari-hari.

Setelah itu kamu bisa berikan petunjuk perawatan kepada burung kicaumu agar kondisi burung tetap prima meski dirawat oleh orang lain. Pastikan kamu memberikan petunjuk yang jelas agar nantinya setelah kamu pulang dari perjalanan dari mudik burung tetap sehat dan aman tentunya.

Baca Juga: Mau Bayar Zakat Fitrah, Ini Kumpulan Niat untuk Pemberi dan Penerima

2. Siapkan ekstra makanan dan minuman

5 Tips Perawatan Burung Kicau saat Berencana ditinggal Mudikilustrasi pelet burung yang kaya akan nutrisi (pexels.com/Melike Benli)

Jika kamu tidak menemukan orang yang sesuai untuk merawat burung kicau milikmu saat akan ditinggal pergi pulang kampung, hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan menambah porsi makanan dan minuman burung. Dengan memberikan jumlah porsi makan yang berlebih diharapkan dapat memenuhi kebutuhan makanan burung hingga beberapa hari kedepan.

Cara ini bisa kamu lakukan dengan menambahkan jumlah cepuk makan, sehingga dapat menampung jumlah makanan lebih banyak. Baiknya proses ini kamu lakukan sesaat sebelum kamu pergi meninggalkan rumah agar porsi makan tidak habis duluan.

3. Kebersihan kandang

5 Tips Perawatan Burung Kicau saat Berencana ditinggal Mudikilustrasi mencuci tangan dengan air bersih (pexels.com/Farooq Khan)

Kebersihan kandang menjadi faktor yang sangat penting buat kesehatan burung kicau yang kamu pelihara. Tidak hanya pada hewan saja saat kita menjalani hidup dengan jorok tentu bisa menimbulkan penyakit, hal itu juga dapat terjadi pada burung kicaumu.

Jadi pastikan sebelum pergi kamu sudah membersihkan kotoran burung yang ada disangkar dan mengeringkan sangkar jika kamu membersihkan dengan menyiram air. Meski kamu sudah membersihkan sangkar namun keadaan sangkar menjadi basah itu membuat sangkar menjadi lembab dan juga berpotensi mengudang penyakit.

4. Lakukan pengerodongan

5 Tips Perawatan Burung Kicau saat Berencana ditinggal Mudikilustrasi memberikan pelindung ke sangkar agar aman dari hewan liar (pexels.com/Kindel Media)

Saat kamu pergi pulang kampung tentu keadaan rumah tidak ada yang menjaga. Saat kamu sedang tidak mengawasi keadaan rumah tentu banyak kemungkinan yang dapat terjadi pada burung peliharaanmu.

Faktor-faktor eksternal seperti gangguan hewan liar seperti tikus ataupun ular. Kedua hewan liar tersebut memang terkenal sebagai musuh dari kicau mania, maka melakukan pengerodongan dapat meminimalisir gangguan hewan liar yang dapat mengganggu ketenangan burung peliharaanmu.

5. Tempatkan sangkar di area yang aman dan nyaman

5 Tips Perawatan Burung Kicau saat Berencana ditinggal Mudikilustrasi area yang aman dan nyaman untuk menempatkan burung (pexels.com/Capricious Wayfarer (Saptarshi))

Demi mendapatkan kenyamanan tempatkan burung pada area yang paling tidak masih terkena sinar matahari saat pagi. Biasanya para kicau mania melakuakan perawatan penjemuran saat pagi hari, jadi menempatkan burung kicau di area yang terkena paparan sinar matahari ini sangat membantu burung menjadi nyaman meski kamu tinggal selama beberapa hari.

Selain itu, pastikan pada area yang sudah kamu tentukan terlindung dari hawa dingin dan angin. Jika diperlukan, sediakan penutup kandang atau kerodong untuk menjaga suhu di dalam kandang tetap stabil.

Momen meninggalkan rumah dengan tanggungan hewan peliharaan tentu cukup membuat dilema, khususnya peliharaan burung kicau. Jika langkah yang kamu lakukan kurang tepat tentu dapat membuat burung kicaumu bisa mati karena di tinggal beberapa waktu.

Harapannya dengan tips ini bisa membantu kamu untuk melakukan perawatan sebelum pergi meninggalkan rumah selama berhari-hari seperti merayakan lebaran bersama keluarga. Tetap lakukan yang terbaik buat burung kesayanganmu ya!

Baca Juga: Takut Terjebak Macet, 5 Aplikasi untuk Mempermudah Perjalanan Mudik

Tri Utomo Photo Community Writer Tri Utomo

Perasaan orang pada dasarnya dangkal, mereka berubah seiring situasi - Itaewon Class

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya