Viral, Personel TNI AU Adang Taksi Online di Bandara Batam

Konflik taksi konvensional dan online di Batam berlanjut

Intinya Sih...

  • Insiden di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, viral karena oknum TNI AU menurunkan paksa barang penumpang taksi online
  • Kasatgas Komunitas Andalan Driver Online (Komando) Batam kecewa karena personel TNI dianggap memihak dan melakukan tindakan intimidasi terhadap driver taksi online
  • Tindakan persekusi terjadi pada pengemudi taksi online oleh pengemudi taksi konvensional di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, memicu mediasi untuk meminimalisir kejadian serupa

Batam, IDN Times - Sebuah insiden di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, melibatkan seorang personel TNI Angkatan Udara yang menurunkan paksa barang penumpang menjadi viral di media sosial. Video kejadian tersebut tersebar luas dan menuai berbagai reaksi dari masyarakat.

Peristiwa ini terjadi saat penumpang tersebut tiba di bandara dan dijemput oleh taksi online. Namun, ketika akan berangkat, taksi online tersebut diadang oleh oknum TNI AU yang memaksa penumpang tersebut turun dan mengeluarkan barang-barangnya dari mobil.

Video dokumentasi warga atas insiden penurunan barang penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam berdurasi 28 detik tersebar luas di media sosial, dan menjadi perhatian publik.

1. Kronologis kejadian penurunan paksa penumpang

Viral, Personel TNI AU Adang Taksi Online di Bandara BatamKasatgas Komunitas Andalan Driver Online (Komando) Batam, Safrizal (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

Kasatgas Komunitas Andalan Driver Online (Komando) Batam, Safrizal mengatakan, kronologi kejadian ini ketika salah satu driver taksi online menjemput penumpang di depan pintu kedatangan Bandara Intenasional Hang Nadim Batam.

Tidak hanya itu, para driver online juga merasa kesal karena adanya oknum personil TNI yang dianggap memihak, bahkan turut menurunkan barang milik penumpang dari mobil milik rekannya.

"Kami sebenarnya kecewa, mereka yang harusnya bersikap netral. Malah dalam kejadian mereka lebih intimidatif terhadap rekan kami. Mereka (oknum TNI) malah yang menurunkan barang penumpang, dan meminta rekan kami keluar dari Bandara. Kita ada buktinya berupa rekaman video," kata Safrizal di lokasi kejadian, Jumat (5/7/2024).

2. Sedang melakukan mediasi di Bandara Internasional Hang Nadim Batam

Viral, Personel TNI AU Adang Taksi Online di Bandara BatamPersonel TNI AU saat berusaha menertibkan ratusan driver taksi online di Bandara Internasional Hang Nadim Batam (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

Kejadian serupa juga terjadi pada, Rabu (3/7) lalu, di mana tiga pengemudi taksi online mendapati tindakan persekusi oleh para pengemudi taksi konvensional di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Hal ini memicu turunnya ratusan pengemudi taksi online di Kota Batam dan mengganggu aktivitas di Bandara Internasional Hang Nadim.

Atas adanya kericuhan di objek vital ini, kini upaya mediasi tengah berlangsung di ruang rapat kantor Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Mediasi ini tengah membahas terkait titik penjemputan penumpang oleh para pengemudi taksi online, untuk meminimalisir kejadian serupa terjadi di kemudian hari.

3. Belum ada tanggapan resmi dari Lanud Hang Nadim Batam

Viral, Personel TNI AU Adang Taksi Online di Bandara BatamBandara Internasional Hang Nadim Batam (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

Atas adanya video viral yang tersebar luas tersebut, upaya konfirmasi terus di lakukan kepada Lanud Hang Nadim Batam, namun belum membuahkan hasil.

Diketahui, saat ini Komandan Lanud Hang Nadim Batam, Letkol Pnb Sony Aji Pramono turut mengikuti mediasi antara pengemudi taksi online dan taksi konvensional di Bandara Intenasional Hang Nadim Batam.

Topik:

  • Putra Gema Pamungkas
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya