Sebanyak 119 Ribu WNI akan Mencoblos di Johor Bahru Malaysia

Pemilu di Johor Bahru dimulai 5 Februari 2024

Batam, IDN Times - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru di Malaysia membeberkan pada Pemilu 2024 akan memfasilitasi 119.491 WNI yang masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN).

Total ada 119.491 orang yang masuk dalam DPTLN. Terbagi di 4 kawasan negeri dengan rincian, negeri Johor sebanyak 90.666 DPTLN, negeri Pahang sebanyak 8.976 DPTLN, negeri Malaka terdapat 11.131 DPTLN dan di negeri Sembilan terdapat 6.034 DPTLN.

“Untuk Pemilu 2024 jumlah DPTLN di 4 wilayah kerja KJRI Johor Bahru sebanyak 119.491 pemilih,” ujar Konsul Jenderal (Konjen) RI Johor Bahru, Sigit Suryantoro melalui platfrom daring virtual, Selasa (30/1/2024).

1. Berupaya agar pemilu berjalan lancar dan tinggi partisipasi

Sebanyak 119 Ribu WNI akan Mencoblos di Johor Bahru MalaysiaKonsul Jenderal (Konjen) RI Johor Bahru, Sigit Suryantoro (Tengah) (Dokumentasi KJRI Johor Bahru Malaysia)

ia menegaskan pihaknya terus menggesa persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di empat negeri bagian Malaysia.

Perisapan tersebut agar pelaksanaan Pemilu di Johor Bahru pada tahun 2024 ini berlangsung aman dan nyaman dibandingkan pelaksanaan tahun 2019 lalu.

“KJRI Johor Bahru bersama Panitia Pemilihan Umum Luar Negeri (PPLN) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Johor Bahru akan berupaya agar pemilu berjalan lancar, dan memiliki tingkat partisipasi yang baik,” tambahnya.

2. Pemungutan suara akan dimulai pada 5 Februari hingga 11 Februari 2024

Sebanyak 119 Ribu WNI akan Mencoblos di Johor Bahru MalaysiaBentuk kotak suara yang akan digunakan PPLN Johor Bahru dalam Pemilu 2024 (Dokumentasi KJRI Johor Bahru Malaysia)

Masih kata Sigit, pemungutan suara Pemilu 2024 di Johor Bahru akan dimulai melalui Kotak Suara Keliling (KSK) pada 5 Februari 2024 hingga 11 Februari 2024. Sementara untuk pelaksanaan pemungutan di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) akan dilaksanakan pada 11 Februari 2024 di KJRI Johor Bahru.

“Pelaksanaan penghitungan suara akan dilakukan tanggal 14 Februari 2024 yang juga berlokasi di KJRI Johor Bahru,” lanjutnya.

Ia juga mengungkapkan, persyaratan WNI yang akan melakukan pemungutan suara di TPS atau KSK agar membawa salah satu identitas diri, yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia, paspor, atau Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP).

3. Pemilu 2024 di Johor Bahru Malaysia ditargetkan sukses hingga jumlah pemilih di atas 90 persen

Sebanyak 119 Ribu WNI akan Mencoblos di Johor Bahru MalaysiaKetua PPLN Johor Bahru, Ardiansyah (Dokumentasi KJRI Johor Bahru Malaysia)

Sementara itu, Ketua PPLN Johor Bahru, Ardiansyah menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan pemungutan suara di Johor Bahru, pihaknya menggunakan dua metode pemelihan, yakni TPSLN dan KSK.

Diungkapkannya, pada Pemilu 2024 ini pihaknya menyediakan 10 TPSLN dan 432 KSK. Banyaknya KSK dalam proses Pemilu 2024 ini agar pelaksanaan pemungutan suara dapat merata dengan target kesuksesan pemilih sebesar 90 persen.

“KSK ini bertujuan untuk mendatangi seluruh pemilih sesuai data DPTLN di 4 kawasan Johor Baharu, melalui metode jemput bola ini diharapkan target kesuksesan pemilih yang berpartisipasi di atas 90 persen pada tahun ini. Sementara itu untuk TPSLN berada di KJRI Johor Bahru,” kata Ketua PPLN Johor Baharu, Ardiansyah.

Dari segi pengawasan sendiri, pihaknya juga telah membuat suatu terobosan yang nantinya setiap WNI yang telah mengambil hak suaranya tidak melakukan pencoblosan sebanyak dua kali.

Terobosan berbentuk aplikasi itu akan dipegang oleh seluruh Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) di 4 wilayah KJRI Johor Bahru.

“Jadi nanti setiap orang yang sudah mengambil hak suaranya akan langsung masuk ke dalam sistem aplikasi itu dan jika ada yang berupaya mengambil suara dua kali di lokasi lainnya, maka akan terdeteksi melalui aplikasi tersebut. Ini salah satu terobosan kita untuk menyukseskan pemilihan umum di Johor Bahru yang jujur dan adil,” tutupnya.

Baca Juga: Minta Rp50 Juta, Komisioner KPU Parlagutan Janjikan 1.000 Suara

Topik:

  • Putra Gema Pamungkas
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya