Menjelang Lebaran, Pertamina Pastikan Stok LPG Aman di Kepri

Pertamina bentuk satgas Ramadan dan Idul Fitri

Batam, IDN Times - Dalam menghadapi momen mudik Lebaran 2024, Pertamina Patra Niaga Kepulauan Riau (Kepri) telah memastikan kesiapan dengan menyebutkan bahwa ada 357 pangkalan Liquified Petroleum Gas (LPG) siaga di wilayah tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Sales Area Manager Pertamina Patra Niaga Kepri, Bagus Handoko, ia menegaskan ketersediaan pasokan LPG subsidi 3 kg dengan memantau dan mengawasi setiap agen dan pangkalan gas.

“Terutama untuk gas elpiji 3 kilogram. Kami memastikan pasokan terjamin, dan tidak ada kelangkaan untuk mendapatkan isi ulang meskipun di tengah momen libur Lebaran,” kata Bagus Handoko, Sabtu (30/3/2024).

1. Pertamina bentuk satgas Ramadan dan Idul Fitri

Menjelang Lebaran, Pertamina Pastikan Stok LPG Aman di KepriAktivitas SPBU di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

Bagus menjelaskan, untuk memastikan ketersediaan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG selama Ramadn dan Idul Fitri 2024, Pertamina telah membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idul Fitri (RAFI).

Langkah ini bertujuan untuk memastikan pendistribusian BBM dan LPG bagi masyarakat di Kepri berjalan lancar dan aman.

“Satgas RAFI ini telah berjalan mulai 25 Maret sampai 21 April 2024. Kami memastikan stok dan distribusi energi dalam kondisi aman di Kepulauan Riau,” ujarnya.

2. Proyeksi permintaan LPG

Menjelang Lebaran, Pertamina Pastikan Stok LPG Aman di KepriPetugas Pertamina saat melakukan pengisian ulang LPG 5,5 kg (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

la menyampaikan, permintaan LPG subsidi diprediksi menurun 15 persen dari penjualan normal, LPG non-subsidi turun 26 persen dan LPG untuk rumah tangga turun 16 persen.

“Pada saat periode Hari Raya Idul Fitri mendatang, sektor produksi diprediksi libur di hari-hari tertentu, sehingga kebutuhan akan LPG juga akan turun drastis,” kata Bagus.

Dengan begitu, Pertamina menjamin tidak ada kelangkaan pasokan, sehingga masyarakat diimbau agar tidak melakukan aksi borong terhadap gas LPG.

3. Peningkatan stok dan distribusi

Menjelang Lebaran, Pertamina Pastikan Stok LPG Aman di KepriMasyarakat di Kot Batam saat mengantre untuk membeli gas LPG 3 kilogram (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

Selain itu, Pertamina juga melakukan upaya peningkatan stok BBM dan LPG di terminal serta lembaga penyalur. Mobil tangki juga ditambah, sementara posko satgas dibentuk untuk memastikan pengamanan penyaluran BBM dan LPG.

“Semua langkah ini diambil untuk memastikan ketersediaan energi selama musim mudik Lebaran 2024 di Kepulauan Riau,” tutup Bagus.

Baca Juga: 2 Kepsek Jadi Tersangka Kasus Suap PPPK Guru di Langkat

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya