Beli Pertalite di Kepri Bakal Pakai QR Code, Begini Cara Mendaftarnya

Pertamina terus lakukan sosialisasi hingga Oktober mendatang

Batam, IDN Times - Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut akan mulai menerapkan pembelian BBM jenis Pertalite subsidi menggunakan QR Code pada Oktober mendatang di wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Area Manager Comm, Rel and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria mengatakan, langkah ini dilakukan untuk memastikan penyaluran BBM subsidi lebih tepat sasaran dan menghindari penyelewengan.

"Oktober 2024 akan mulai berlangsung untuk penggunaan QR Code bagi konsumen yang ingin membeli BBM jenis pertalite," kata Susanto August Satria, Senin (29/7/2024).

1. Sosialisasi penggunaan QR Code di Kepri

Beli Pertalite di Kepri Bakal Pakai QR Code, Begini Cara MendaftarnyaProses sosialisasi QR Code di salah satu SPBU Kota Batam (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

Satria mengatakan, saat ini Provinsi Kepri sedang dalam tahap sosialisasi penggunaan QR Code untuk pembelian Pertalite subsidi. Provinsi Kepri menjadi yang kedua setelah Aceh dalam penerapan program ini.

"Tadi kita meninjau posko pelayanan pendaftaran di salah satu SPBU di Batam. Sejauh ini sudah terdapat kurang lebih 28 ribu kendaraan yang mendaftar, dan jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat sebelum diberlakukan Oktober mendatang," kata Satria.

Ia menjelaskan, pendataan menggunakan QR Code ini tidak membatasi jumlah pembelian BBM Pertalite bersubsidi, namun Satria mengimbau masyarakat untuk membeli secara wajar dan tidak berlebihan. 

"Lewat pendataan ini, kita bisa tahu berapa total kendaraan yang mengonsumsi Pertalite di Provinsi Kepri. Hal ini juga demi menghindari kecurangan dalam penyelewengan BBM jenis Pertalite," tegasnya.

Masih kata Satria, saat ini Provinsi Kepri adalah yang kedua setelah Aceh yang menerapkan QR Code untuk pembelian BBM Pertalite subsidi.

"Pada Agustus mendatang tiga provinsi lainnya juga akan mulai diberlakukan QR Code ini, antara lain Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Riau," tutupnya

2. Cara mendaftar QR Code BBM Pertalite

Beli Pertalite di Kepri Bakal Pakai QR Code, Begini Cara MendaftarnyaMasyarakat Kota Batam saat membeli BBM Pertalite menggunakan QR Code (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

Satria menjelaskan, pendaftaran QR  Code ini dapat dilakukan dimana saja melalui aplikasi My Pertamina atau mengakses subsididepat.mypertamina.id.

"Kalau ada kendala masyarakat dapat menghubungi call center 135, atau datang langsung ke booth Program Subsidi tepat sasaran yang ada di SPBU Pertamina," ungkapnya.

Ia melanjutkan, di Provinsi Kepri terdapat 53 posko yang melayani konsumen apabila kesulitan dalam mendaftar. Sementara untuk Kota Batam terdapat 37 posko yang siap melayani konsumen.

"Setiap SPBU terdapat posko untuk melakukan pendaftaran, jadi seluruh warga dapat mengunjungi SPBU terdekat untuk melakukan pendaftaran," tutupnya.

3. Penyaluran BBM subsidi yang lebih tepat sasaran

Beli Pertalite di Kepri Bakal Pakai QR Code, Begini Cara MendaftarnyaSalah satu SPBU di Kota Batam (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

Di lokasi yang sama, Sales Branch Manager Rayon II Kepri, Gilang Hisyam Hasyemi menambahkan, melalui pendataan ini Pertamina memastikan penyaluran BBM subsidi lebih tepat sasaran. 

"Kita berharap dengan penyaluran yang baik dan tepat, alokasi tersebut bisa dialokasikan untuk kebutuhan masyarakat yang lebih baik," kata Gilang. 

Dijelaskannya,pProgram subsidi tepat ini juga telah dijalankan untuk produk Bio Solar dan gas. Berdasarkan data dari Kementerian Keuangan, Pertamina bisa menghemat USD2,8 miliar dari subsidi energi yang diberikan pemerintah melalui APBN.

Gilang turut mengajak seluruh pemilik kendaraan di Provinsi Kepri untuk segera mendaftarkan kendaraan roda empat mereka agar dapat menikmati BBM Pertalite subsidi. 

"Masih ada waktu, jadi ayo manfaatkan. Karena sistemnya online, kalau kesulitan bisa datang ke posko di SPBU,” tutupnya.

Topik:

  • Putra Gema Pamungkas
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya