22 Terdakwa Aksi Solidaritas Bela Rempang akan Bebas Besok

Ke-8 terdakwa lainnya divonis beragam oleh majelis hakim

Batam, IDN Times - Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Batam menjatuhkan vonis pidana yang berbeda terhadap 8 terdakwa massa aksi bela Rempang.

Sebelumnya, 26 terdakwa lainnya juga telah dijatuhi vonis pidana yang berbeda oleh majelis hakim, mulai dari pidana penjara 6 bulan 21 hari, 6 bulan 15 hari, hingga 3 bulan, dikurangi masa tahanan.

Ke-34 terdakwa ini ditahan pasca kerusuhan aksi unjuk rasa bela Rempang yang terjadi di depan gedung Badan Pengusahaan (BP) Batam, 11 September 2023 lalu.

“Untuk 8 terdakwa lainnya kita mulai ya. Sidang dibuka dan terbuka untuk umum,” kata Ketua Majelis Hakim, David P Sitorus, Senin (25/3/2024).

1. Para terdakwa divonis pidana penjara 8 hingga 6 bulan

22 Terdakwa Aksi Solidaritas Bela Rempang akan Bebas BesokKe-8 terdakwa aksi bela Rempang saat di Pengadilan Negeri Batam (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

Dalam pembacaan vonis ini, David menegaskan bahwa ke-8 terdakwa ini terbukti secara sah telah melakukan tindak pidana, dengan terang-terangan dan tenaga bersama menggunakan kekerasa terhadap orang atau barang.

“Ke-8 terdakwa ini melanggar Pasal 170 ayat (1) KUHPidana sebagaimana dalam dakwaan alternatif ke enam Penuntut Umum,” ujarnya.

Atas dasar tersebut, majelis hakim PN Batam menjatuhi putusan dengan hukuman pidana yang beragam.

“Menyatakan terdakwa Junaidi dengan pidana penjara 8 bulan dikurangi masa tahanan dengan perintah para terdakwa tetap di tahan. Selanjutnya menyatakan kepada terdakwa Nazaruddin dengan pidana penjara 6 bulan 21 hari dikurangi masa tahanan dengan perintah terdakwa tetap ditahan,” ungkapnya.

“Selanjutnya menyatakan kepada terdakwa Sapri Yanto, terdakwa Zainudin, terdakwa M Yusup, terdakwa Rafi, terdakwa Adek Dian Saputra dan terdakwa Supiandra dengan pidana penjara 6 bulan 15 hari, dikurangi masa tahanan,” lanjutnya.

Baca Juga: 26 Terdakwa Bela Rempang Divonis dengan Hukuman Berbeda

2. Ke-8 terdakwa tidak mengajukan banding

22 Terdakwa Aksi Solidaritas Bela Rempang akan Bebas BesokTerdakwa aksi bela Rempang saat di Pengadilan Negeri Batam (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

Setelah mendengar vonis tersebut, Ketua Majelis Hakim, David P Sitorus memberikan kesempatan terhadap 8 terdakwa, jika ingin mengajukan banding.

“Kami tidak banding yang mulia, kami terima,” kata Zainudin.

Sementara untuk Jaksa Penuntut Umum (JPU) menegaskan belum dapat memberikan tanggapan terkait vonis yang diberikan majelis hakim.

“Kami pikir-pikir yang mulia,” kata JPU Abdullah Ikhsan.

3. Dari 34 terdakwa, sebanyak 22 terdakwa akan dibebaskan besok

22 Terdakwa Aksi Solidaritas Bela Rempang akan Bebas BesokTerdakwa aksi bela Rempang mendapati dukungan dari seluruh keluarga di Pengadilan Negeri Batam (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

Sebanyak 34 terdakwa aksi bela Rempang telah divonis oleh majelis hakim PN Batam. Vonis tersebut dilakukan setelah para terdakwa menjalani hukuman selama 197 hari pasca diamankan pihak kepolisian.

Dari hasil vonis tersebut, sebanyak 21 terdakwa dijatuhi hukuman pidana selama 6 bulan 15 hari, dikurangi masa tahanan. Hal itu menjelaskan bahwa 21 terdakwa akan dinyatakan bebas pada, Selasa (26/3) mendatang.

Kebebasan itu juga akan dirasakan oleh salah seorang terdakwa yang merupakan anak di bawah umur. Kepada terdakwa Saputra ini, majelis hakim menjatuhi hukuman pidana selama 3 bulan, dikurangi masa tahanan.

Sementara untuk 11 terdakwa lainnya dijatuhi vonis majelis hakim selama 6 bulan 21 hari, dipotong masa tahanan. Hal itu membuat para terdakwa harus menjalani kurungan penjara selama 1 pekan kedepan.

Terhadap terdakwa Junaidi, majelis hakim menjatuhi kurungan penjara selama 8 bulan dikurangi masa tahanan. Dengan begitu, Junaidi akan tetap mendekap di jeruji besi selama 1,5 bulan ke depan.

Baca Juga: Setelah Divonis, Iswandi Long Ditemui Kepala BP Batam di Rutan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya