Kadisdik Madina Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap Rekrutmen PPPK

Dia juga ditahan di Polda Sumut

Medan, IDN Times – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailingnatal Dollar Hafrianto Siregar ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi. Dia disangkakan terlibat dalam kasus suap penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru di Kabupaten Madina tahun 2023.

"Hasil Gelar Perkara, Penyidik Tipikor Ditreskrimsus Menetapkan DHS sebagai tersangka," ucap Kepala Bidang Humas Polda Sumatra Utara Komisaris Besar Hadi Wahyudi, Jumat (12/1/2024).

1. Dollar ditahan di dalam Rutan Polda Sumut

Kadisdik Madina Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap Rekrutmen PPPKIlustrasi borgol. Dok. IDN Times

Kata Hadi, setelah penetapan tersangka itu, Dollar juga ditahan.

“Kami menahan yang bersangkutan di Rutan Polda Sumut,” katanya.

Hadi belum membeberkan bagaimana kronologi perkara yang menjerat dollar. Pihaknya juga sudah memeriksa sejumlah saksi.

“Ada beberapa orang yang diperiksa. Terkait kasus seleksi kompetensi PPPK. Terkait jabatan fungsional di Madina,” tutur Hadi.

2. Dollar kena OTT, diduga karena menerima uang

Kadisdik Madina Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap Rekrutmen PPPKIlustrasi suap (IDN Times/Cije Khalifatullah)

Dollar terjerat operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Dollar, Rabu (3/1/2024). Dia diduga melakukan pungutan kepada peserta PPPK guru di Kabupaten Madina pada seleksi PPPK tahun 2023.

Polisi memboyong Dolar ke Markas Polda Sumut, menjalani pemeriksaan hingga dirinya ditetapkan sebagai tersangka.

3. Seleksi PPPK guru menuai ppolemik

Kadisdik Madina Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap Rekrutmen PPPKIlustrasi borgol. (unsplash.com/niu niu)

Polemik perekrutan PPPK untuk formasi guru di Kabupaten Mandailing Natal terus menghangat dalam beberapa waktu terakhir. Informasi yang dihimpun, para peserta memrotes hasil ujian CAT. Lantaran ada peserta yang nilainya justru dikurangi.Di sisi lain, ada sejumlah peserta yang nilai hasil ujian CAT dibilang tak terlalu tinggi, namun dinyatakan lulus.

Dalam seleksi PPPK, Pemkab Madina juga melaksanakan Ujian Seleksi Kompetensi Teknis (SKT) tambahan bagi peserta PPPK formasi guru. Ujian SKT ini juga diduga sebagai modus melakukan kecurangan. Lantaran para peserta tidak mendapatkan hasil yang transparan."Ada yang lulus, padahal nilainya saat ujian CAT itu tidak tinggi. Kalau ada dibilang peserta yang lulus harus punya sertifikat pendidik, tapi yang lulus itu pun banyak dilihat yang tak punya sertifikat itu. Makanya, kami bingung bagaimana mereka penilaiannya," ujar salah seorang peserta.

Baca Juga: Bupati Labuhanbatu Kena OTT, NasDem Berharap Tidak Ada Unsur Politis

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya