Rekapitulasi di Banda Aceh Tuntas, Anies-Muhaimin Menang Telak

PKS raih suara tertinggi di DPRK Aceh

Banda Aceh, IDN Times - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh akhirnya selesai melaksanakan rekapitulasi perhitungan suara hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Senin (4/3/2024). Proses sempat direncanakan hanya dua hari, namun berakhir di hari ketiga.

“Hari ini sudah selesai kita lakukan rekapitulasi suara hasil Pemilu 2024 di tingkat Kota Banda Aceh,” kata Ketua KIP Banda Aceh, Yusri Razali, usai rapat pleno, Senin (4/3/2024).

1. Anies-Muhaimin menang telak di Banda Aceh

Rekapitulasi di Banda Aceh Tuntas, Anies-Muhaimin Menang TelakCapres nomor urut satu, Anies Baswedan singgung perolehan suara PSI yang melonjak di real count KPU. (IDN Times/Amir Faisol)

Hasilnya sesuai dengan hasil quick count, calon presiden dan wakil presiden yakni Nomor Urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 109.673 suara, Paslon 2 Prabowo-Gibran dengan 23.609 suara, dan paslon 3 Ganjar-Mahfud MD meraih 3.134 suara.

“Itu jumlah perolehan suara untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden,” ucap Yusri.

Kemudian untuk DPRK Banda Aceh, ada lima partai yang memperoleh suara tertinggi Pemilu 2024, yakni PKS 21.519 suara, Partai Nasdem 18.837 suara, PAN 18.531 suara, Partai Demokrat 13.346 suara, dan Partai Golkar 12.149 suara.

“Itu lima partai yang peringkat tertinggi perolehan suara di tingkat Banda Aceh,” imbuh Yusri.

2. Langsung diantar ke KIP Aceh untuk rekap tingkat provinsi

Rekapitulasi di Banda Aceh Tuntas, Anies-Muhaimin Menang TelakSuasana rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2024 tingkat Kota Banda Aceh. (IDN Times/Mhd Saifullah)

Yusri menyampaikan, kotak suara berisi rekapitulasi suara tingkat kota yang tersegel akan langsung diantar ke KIP Provinsi Aceh malam ini. Pengiriman kotak tersebut akan dikawal oleh Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Banda Aceh dibantu pihak kepolisian.

“Malam ini langsung kita antar kotak yang tersegel. Jadi nanti kita akan lanjut rekap di tingkat provinsi,” ujarnya.

3. Hasil rekapitulasi DPRK hanya dibacakan

Rekapitulasi di Banda Aceh Tuntas, Anies-Muhaimin Menang TelakSuasana rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2024 tingkat Kota Banda Aceh. (IDN Times/Mhd Saifullah)

Rekapitulasi di tingkat provinsi, dikatakan Yusri, nanti tidak jauh berbeda seperti tingkat kota. Hanya hasil untuk pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh yang berbeda.

“Rekapitulasi di tingkat provinsi itu untuk semua jenis pemilihan. Sedangkan untuk DPRK hanya kita bacakan saja,” kata Yusri.

Proses rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2024 tingkat provinsi baru dilakukan KIP pada 5 Maret 2024. Pleno yang digelar di Asrama Haji Embarkasi Aceh, Kota Banda Aceh, tersebut akan dilaksanakan hingga 10 Maret 2024.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya