Pemerintah Aceh Usulkan Pocut Meurah Intan Jadi Pahlawan Nasional

Makam Pocut di Blora akan dipugar

Banda Aceh, IDN Times - Pemerintah Aceh mengusulkan agar salah satu tokoh pejuang perempuan Aceh, Pocut Meurah Intan menjadi pahlawan nasional. Pernyataan itu disampaikan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, ketika melakukan kunjungan ke Kabupaten Blora, Jawa Tengah, pada Rabu (16/3/2022).

"Mudah-mudahan semangat kepahlawanan beliau dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia dan menggugah semangat kita semua dalam membangun negeri ini menjadi lebih baik lagi, apalagi jika beliau dapat diusulkan menjadi pahlawan nasional," kata Nova.

1. Sekilas tentang Pocut Meurah Intan

Pemerintah Aceh Usulkan Pocut Meurah Intan Jadi Pahlawan NasionalGubernur Jateng Ganjar Pranowo bermunajat di pusara Pocut Meurah Intan di Blora. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Pocut Meurah Intan dikatakan Nova, merupakan sosok pejuang dan salah seorang srikandi yang namanya masih begitu hidup di dalam dada masyarakat Aceh hingga saat ini.

Bersama Tuanku Abdul Majid, suaminya, pejuang perempuan dikenal dengan nama Pocut Meurah Biheu tersebut gigih mengusir penjajah.

Menurut catatan sejarah, perjuangan Pocut Meurah Intan terjadi di akhir abad 19 sampai awal abad 20. Dia pernah dikepung serdadu khusus Belanda dari Korps Marchausse dan terdesak, pada 11 November 1902.

Dengan kondisi dua tetakan luka di kepala, dua di bahu, sementara satu urat kening dan otot tumitnya putus, dia terbaring di tanah penuh dengan darah dan lumpur.

"Namun beliau tetap tidak menyerah dengan rencong yang masih tergenggam kuat di tangannya. Semangat pantang menyerahnya ini ternyata sangat dikagumi Belanda, bahkan beliau diberi gelar Heldhafting atau yang gagah berani," ujar Nova bercerita.

Akibat gigihnya perlawanan, Pemerintah Hindia Belanda mengasingkan Pocut Meurah Intan bersama anaknya, Tuanku Budiman, ke Blora, pada 6 Mei 1905 hingga meninggal dunia pada 19 September 1937. Dia dimakamkan dj Desa Temurejo.

Baca Juga: Kapolda Aceh Sidak Gudang Penyimpanan Migor di Banda Aceh

2. Makam Pocut Meurah Intan bakal dipugar Pemerintah Aceh

Pemerintah Aceh Usulkan Pocut Meurah Intan Jadi Pahlawan NasionalGubernur Jateng Ganjar Pranowo menabur bunga diatas makam Pocut Meurah Intan. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Kunjungan ke Jawa Tengah, diharapkan Nova dapat meningkatkan hubungan kemitraan dan persahabatan antara Pemerintah Aceh dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu, dia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Blora, karena telah merawat serta menjaga makam pahlawan perempuan dari Tanah Rencong itu.

"Dan insyallah, tahun ini Pemerintah Aceh juga akan melakukan pemugaran terhadap makam Pocut Meurah Intan," ujar Nova.

3. Hubungan Aceh dan Blora akan semakin erat

Pemerintah Aceh Usulkan Pocut Meurah Intan Jadi Pahlawan NasionalFoto Istimewa

Sementara, Bupati Blora, Arief Rohman mengatakan mendukung penuh usulan gubernur Aceh untuk dijadikan Pocut Meurah Intan menjadi Pahlawan Nasional.

Dengan begitu, hubungan antara dua daerah ini akan semakin kuat, dengan harapan semakin banyak pula saudara-saudara Aceh yang akan melakukan kunjungan ke Blora.

"Kalau di Sumedang ada Cut Nyak Dien, sementara di Blora Cut Meurah Intan," kata Arief.

Baca Juga: 17 Tahun Tsunami Aceh, 10 Potret Dulu vs Sekarang Kota Banda Aceh

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya