Lifter Nurul Akmal Bakal Turun Bersama Tim Aceh di PON 2024

Aceh target lima medali dari Cabor Angkat Besi

Banda Aceh, IDN Times - Atlet Angkat Besi Asal Aceh, Nurul Akmal, yang memperkuat Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024 dikabarkan bakal turun pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke-21 Aceh-Sumatra Utara 2024.

“Nurul Akmal dipastikan akan turun untuk mengikuti PON bersama Tim Aceh,” kata Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh, Bachtiar Hasan, kepada IDN Times, Senin (19/8/2024).

1. Nurul akan kembali ke Aceh pekan ini

Lifter Nurul Akmal Bakal Turun Bersama Tim Aceh di PON 2024Lifter putri Indonesia, Nurul Akmal saat berlatih, Jumat (14/6/2024). (IDN Times/Tino)

Bachtiar menyampaikan kepastian Nurul Akmal turun pada PON kali ini bersama Kontingen Aceh karena tidak ada aturan yang melarang atlet Olimpiade ikut berpartisipasi di pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Oleh karena itu, ketika kembali ke Tanah Rencong, Nurul Akmal bakal langsung mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PON Ke-21 Tim Cabang Olahraga (Cabor) Angkat Besi Kontingen Aceh.

“Nurul Akmal bakal kembali ke Aceh pada 25 Agustus 2024,” ujar Bachtiar.

2. Target meraih lima medali dari angkat besi

Lifter Nurul Akmal Bakal Turun Bersama Tim Aceh di PON 2024Atlet Angkat Besi asal Aceh, Nurul Akmal. (Dokumentasi Instagram Nurul Akmal)

Dia mengatakan, Aceh bakal mengandalkan 20 atlet angkat besi saat PON kali ini. Terdiri dari 10 atlet putra dan 10 atlet putri. Selaku tuan rumah, Aceh memasang target meraih lima medali.

“KONI Aceh menargetkan medali untuk PON kali ini yakni tiga emas dan dua perak,” kata Bachtiar.

3. Aceh pernah meraih dua medali emas di PON Papua

Lifter Nurul Akmal Bakal Turun Bersama Tim Aceh di PON 2024Atlet Angket Besi Putri asal Aceh, Nurul Akmal. (Dokumentasi Instagran Nurul Akmal)

Seperti diketahui, Aceh meraih dua medali emas saat PON Ke-20 di Papua pada 2021. Medali tersebut disumbang oleh Atlet Angkat Besi Putri, Nurul Akmal dan Atlet Angkat Besi Putra, Zul Ilmi. 

Nurul Akmal yang turun di kelas +87 kilogram putri mengumpulkan total angkatan 258 kilogram. Sementara Zul Ilmi yang turun di kelas 96 kilogram mampu mengumpulkan total angkatan 330 kilogram.

Baca Juga: Kebanggaan Nurul Akmal Gunakan Hijab di Olimpiade 2024

Topik:

  • Arifin Al Alamudi
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya