Libur Lebaran, Jumlah Penumpang di Pelabuhan Ulee Lheue Capai 17 Ribu

Penyeberangan ditambah menjadi sembilan trip

Banda Aceh, IDN Times - Jumlah penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, ke Pelabuhan Balohan, Kota Sabang, Aceh, mengalami peningkatan selama libur dan cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. Total penumpang 17.026 orang.

“Saat ini kondisi di Pelabuhan Ulee Lheue terpantau ramai lancar. Didominasi kendaraan roda dua dan roda empat,” kata Koordinator Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Muhammad Rikhwan Siregar, saat dikonfirmasi IDN Times, Minggu, 14 April 2024.

1. Jumlah penumpang saat libur lebaran meningkat

Libur Lebaran, Jumlah Penumpang di Pelabuhan Ulee Lheue Capai 17 RibuSuasana Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, saat libur dan cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. (Dokumentasi Akram untuk IDN Times)

Rikhwan menyampaikan peningkatan jumlah penumpang mulai terlihat pada 11 April 2024 atau pada H2 lebaran. Peningkatan penumpang terjadi pada 12 dan 13 April 2024 dengan jumlah keberangkatan lebih tiga ribu orang per hari.

Berdasarkan data Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelabuhan Ulee Lheue, total jumlah penumpang pada 11 April atau H2 lebaran mencapai 4.349 orang. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan tahun 2023 yang hanya 3.821 orang.

Selanjutnya, total penumpang pada 12 April atau H+1 lebaran mencapai 5.985 orang atau naik dari tahun sebelumnya yang hanya 4.997 orang. Kemudian pada 13 April atau H+2 lebaran 6.692 orang dari tahun sebelumnya 5.815 orang.

“Diprediksi kemarin puncaknya,” ujar Rikhwan.

2. Menambah jadwal keberangkatan kapal

Libur Lebaran, Jumlah Penumpang di Pelabuhan Ulee Lheue Capai 17 RibuWarga antre beli tiket di Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh. (Dokumentasi Akram untuk IDN Times)

Pelabuhan Ulee Lheue, kata Rikhwan, juga menambah jumlah trip atau keberangkatan kapal. Biasanya kapal cepat maupun kapal lambat atau roll on/roll off (Roro) masing-masing hanya melakukan tiga trip.

Namun, saat libur dan cuti bersama, kapal Roro melakukan enam trip dan kapal lambat lima trip pada H2 lebaran. Sedangkan pada H+1, kapal Roro melakukan sembilan trip dan kapal cepat enam trip.

“Sedangkan pada H+2 lebaran, kapal Roro tercatat delapan trip dan kapal cepat enam trip,” kata Rikhwan.

3. Kendaraan yang menyeberang ke Sabang juga meningkat

Libur Lebaran, Jumlah Penumpang di Pelabuhan Ulee Lheue Capai 17 RibuSuasana Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, saat libur dan cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. (Dokumentasi Akram untuk IDN Times)

Sehubungan dengan itu, UPTD Pelabuhan Ulee Lheue mencatat sejak 11-13 April 2024, total kendaraan roda dua yang berangkat maupun datang mencapai 3.264 unit. Sedangkan untuk kategori yang sama pada 2023 hanya 3.225 unit.

Untuk kendaraan roda empat yang berangkat maupun datang tercatat ada 1.063 unit mulai 11-13 April 2024. Jumlah ini naik dibandingkan pada 2023 yang hanya 974 unit untuk tanggal serupa.

Banyaknya kendaraan yang akan menyeberang membuat antrean panjang di luar pelabuhan. Hal ini dikarenakan keterbatasan dari luas lahan di dalam pelabuhan.

“Sehingga tidak bisa menampung di dalam pelabuhan. Jadi kita antrekan di luar,” ucap Rikhwan.

“-Arus balik- Kemungkinan hari ini dan Senin. Sebab Hari Selasa sudah mulai kerja,” imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi Ikut Macet-macetan ke Hillpark hingga Pasar Buah Berastagi

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya