Libur Imlek, Penumpang Masuk dan Keluar Sabang Tembus 4.009 Orang

Meningkat dua kali lipat dari normal

Banda Aceh, IDN Times - Jumlah penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, ke Pelabuhan Balohan, Kota Sabang, meningkat saat ibur cuti bersama dan Imlek 2575 Kongzili atau 2024 Masehi.

“Jumlah penumpang mulai terlihat sejak kemarin, Kamis, 8 Februari 2024,” kata Koordinator Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Muhammad Rikhwan Siregar, saat dikonfirmasi IDN Times, Sabtu (10/2/2024).

1. Jumlah penumpang di Pelabuhan Ulee Lheue tembus hingga 4.000-an orang

Libur Imlek, Penumpang Masuk dan Keluar Sabang Tembus 4.009 OrangIlustrasi Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, Aceh. (Dokumentasi Akram untuk IDN Times)

Rikhwan menyebutkan jumlah penumpang yang berangkat dan pulang sempat tembus mencapai empat ribu orang, pada Kamis dari biasanya dua ribuan orang. Secara rinci, pada Rabu (7/2/2024) 2.391 orang, Kamis (8/2/2024) 4.009 orang, Jumat (9/2/2024) 3.860 orang.

“Berdasarkan data, jumlah penumpang pada Rabu, hanya sekitar 2.300-an. Itu biasa normal. Lalu kemarin sempat sampai 4.000-an,” ujar Rikhwan.

Baca Juga: Imlek 2575, Warga Ramai Berziarah di Vihara Borobudur 

2. Menambah jadwal keberangkatan dan kepulangan kapal

Libur Imlek, Penumpang Masuk dan Keluar Sabang Tembus 4.009 OrangIlustrasi Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, Aceh. (Dokumentasi Akram untuk IDN Times)

Sementara itu, mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang, Pelabuhan Ulee Lheue menambah jadwal keberangkatan maupun kepulangan kapal. Biasanya kapal hanya berangkat tiga trip.

“Lalu kemarin disesuaikan menjadi lima trip pergi pulang. Itu sudah untuk kapal cepat maupun lambat,” kata Koordinator Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue.

“Hari ini sudah mulai ada penurunan, hari ini cuma empat trip. Baik untuk kapal lambat maupun cepat,” imbuh Rikhwan.

3. Arus balik diprediksi mulai hari ini dan besok

Libur Imlek, Penumpang Masuk dan Keluar Sabang Tembus 4.009 OrangPara penumpang yang baru keluar dari kapal di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh (IDN Times/Mhd Saifullah)

Sementara itu, Rikhwan memprediksikan puncak arus balik akan terjadi pada Minggu, 11 Februari 2024. Meski demikian, para penumpang yang pulang dari Sabang sudah mulai terlihat hari ini.

“Puncaknya kemungkinan Hari Minggu, itu bisa terjadi di Pelabuhan Balohan, kita hanya menerima. Hari ini mungkin sudah banyak yang balik, karena kita lihat kebanyakan yang libur itu dari luar daerah,” kata Rikhwan.

Baca Juga: Intip Persiapan Imlek di Vihara Tertua di Kecamatan Pantai Labu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya