Konflik Gajah Liar dan Manusia di Kebun Kopi, 1 Meninggal 3 Luka-Luka

Warga berupaya mengusir gajah yang sepekan di dalam kebun

Aceh Tengah, IDN Times - Konflik antara Gajah Sumatera liar atau Elephas Maximus Sumatranus dengan manusia terjadi di kawasan Kampung Kekuyang, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, pada Minggu (5/2/2023).

“Kejadiannya Minggu, sekitar pukul 15.00 WIB. Di kebun kopi,” kata Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Ketol, Inspektur Polisi Satu (Iptu) Samsul Bahri Bangun, saat dikonfirmasi, pada Senin (6/2/2023).

1. Berawal dari warga berupaya mengusir satu gajah yang masuk kebun

Konflik Gajah Liar dan Manusia di Kebun Kopi, 1 Meninggal 3 Luka-LukaPexels

Kejadian dikatakan Samsul, bermula saat warga sedang berupaya mengusir gajah yang telah sepekan masuk ke kebun kopi. Selama di dalam kawasan itu, gajah diakui telah merusak lima rumah kebun milik warga.

“Ketika mereka sedang di kebun, datanglah seekor gajah ini. Sekitar jarak 50 meter mereka usir, yang mengusir ada sekitar delapan orang. Ketika sedang diusir, mengamuk gajah ini,” ujarnya.

Baca Juga: Sempat Teror dan Terkam Warga, Harimau di Aceh Masuk Perangkap

2. Satu meninggal dunia, tiga lainnya luka-luka

Konflik Gajah Liar dan Manusia di Kebun Kopi, 1 Meninggal 3 Luka-LukaSalah seorang warga masih dirawat usai menjadi korban dari konflik antara gajah dan manusia di Kabupaten Aceh Tengah. (Dokumentasi Polsek Ketol untuk IDN Times)

Akibat serangan itu, empat dari delapan warga yang berupaya melakukan pengusiran satwa liar dilindungi tersebut menjadi korban. Sedangkan warga yang berhasil selamat langsung melaporkan perihal insiden tersebut ke perangkat desa.

“Satu meninggal, satu diopname, dan dua luka ringan dirawat di rumah,” kata Kapolsek Ketol.

Korban yang mengalami luka ringan, yakni Sis (32) warga Pekanbaru, Riau dan Saparuddin (35) warga Bies, Kecamatan Bies, Kabupaten Aceh Tengah. Keduanya alami luka robek di lengan.

Sementara, Miswan (55), warga Kekuyang, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, mengalami luka memar pada betis, luka robek bagian bibir atas dan gigi depan atas patah. Ia dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datu Beru Takengon.

“Korban meninggal dunia bernama Supri (43), warga Lampahan, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah,” imbuhnya.

3. Jarang terjadi konflik maupun satwa turun ke lokasi kejadian

Konflik Gajah Liar dan Manusia di Kebun Kopi, 1 Meninggal 3 Luka-LukaIlustrasi gajah (Prayugo Utomo/IDN Times)

Samsul menyampaikan, lokasi konflik antara satwa liar dengan manusia di Kampung Kekuyang merupakan kawasan kebun kopi milik warga. Biasanya, daerah ini diakui jarang terlihat adanya gajah.

“Gajahnya satu ekor atau gajah tunggal. Selama ini gangguan gajah di wilayah kita ini di Karang Ampar dan Bergang. Makanya kita heran juga kenapa ada satu ekor kemari,” tutupnya.

Baca Juga: Sedang Tidur, Tiga Warga Aceh Selatan Diserang Harimau Sumatra

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya