KIP Aceh Tamiang Tetapkan Mantan Wakapolda Aceh Lawan Kotak Kosong

Besok deklarasi kampanye damai

Banda Aceh, IDN Times - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang menetapkan Armia Fahmi-Ismail menjadi satu-satunya pasangan calon bupati dan wakil bupati di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

Keputusan tersebut berdasarkan rapat pleno pengundian nomor urut dan penetapan calon bupati serta wakil bupati Aceh Tamiang untuk Pilkada 2024 di Sekretariat Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat, Senin (23/9/2024).

1. Pegang nomor urut 1, melawan kotak kosong

KIP Aceh Tamiang Tetapkan Mantan Wakapolda Aceh Lawan Kotak KosongPasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang, Armia Fahmi-Ismail. (Foto: Istimewa)

Armia yang merupakan mantan Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Aceh tersebur memegang nomor urut 1, sedangkan nomor urut 2 adalah kotak kosong.

“Pilkada Aceh Tamiang tahun 2024 ini hanya ada satu pasangan calon yang telah ditetapkan. Sehingga secara otomatis akan melawan kotak kosong,” kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KIP Kabupaten Aceh Tamiang, Rusli.

2. Nomor urut berlaku hingga waktu pemilihan

KIP Aceh Tamiang Tetapkan Mantan Wakapolda Aceh Lawan Kotak KosongPasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang, Armia Fahmi-Ismail. (Foto: Istimewa)

Dia menyampaikan pencabutan nomor urut merupakan bagian dari tahapan pesta demokrasi daerah yang harus dilaksanakan. Nomor urut hasil undian tersebut akan digunakan di kertas suara saat hari pemungutan, pada 27 November 2024.

Secara teknis, kata dia, untuk pasangan nomor urut 1 akan berada di posisi sebelah kiri depan pemilih. Sementara itu, nomor urut 2 berada di sebelah kanan di hadapan pemilih.

3. Besok deklarasi kampanye damai

KIP Aceh Tamiang Tetapkan Mantan Wakapolda Aceh Lawan Kotak KosongIlustrasi Pilkada serentak. (IDN Times/Mardya Shakti)

Sehubungan dengan itu, Rusli mengatakan tahapan selanjutnya yang akan dilakukan pasangan calon yakni deklarasi kampanye damai bersama unsur forkopimda dan penyelenggara pilkada. Acara rencananya digelar pada Selasa (24/9/2024).

Untuk diketahui, rapat pleno terbuka pengundian nomor urut dan penetapan calon bupati dan wakil bupati dipimpin langsung Ketua KIP Aceh Tamiang, Rita Afrianti, didampingi komisioner.

Rapat pleno tersebut dihadiri sejumlah pimpinan partai politik lokal maupun nasional serta panitia pengawas pemilihan (panwaslih) dan berbagai elemen masyarakat.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya