Harimau Sumatera Mati di Kebun Kacang, Diduga Terkena Jerat Babi

Tim medis BKSDA Aceh masih lakukan nekropsi

Aceh Selatan, IDN Times - Satu individu Harimau Sumatera atau Panthera Tigris Sumatrae ditemukan mati di perkebunan warga di kawasan Gampong Bukit Meuh, Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh, pada Sabtu (11/2/2023).

“Betul, ada satu ekor mati,” kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Aceh Selatan, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Nova Suryandaru, saat dikonfirmasi, pada Sabtu (11/2/2023).

1. Harimau ditemukan mati di kebun kacang milik warga

Harimau Sumatera Mati di Kebun Kacang, Diduga Terkena Jerat BabiIlustrasi petugas di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PR-HSD) mengangkat Harimau Sumatera bernama BONITA ke dalam kandang (IDN Times/Andri NH)

Kronologis penemuan bangkai harimau dikatakan Nova, pertama kali dilihat seorang saksi bernama Armizal. Ketika itu, ia pergi ke kebun kacang di Lhok Siron milik Kelompok Tanah Adat Gampong Buket Meuh.

“Saksi melihat dari kejauhan harimau mati kena jeratan hama babi,” ungkap Nova.

2. Masih menunggu BKSDA olah TKP

Harimau Sumatera Mati di Kebun Kacang, Diduga Terkena Jerat BabiPetugas BBKSDA Riau berusaha membuka sling jeretan dari kaki Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) yang mati terjerat saat akan dilakukan nekropsi di Kantor BBKSDA Riau di Pekanbaru, Riau, Minggu (17/10/2021). Harimau Sumatera berjenis kelamin betina ini ditemukan mati dengan kaki terjerat di Desa Tanjung Leban, Kabupaten Bengkalis. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Usai melihat bangkai satwa dilindungi tersebut, saksi kemudian menelpon perangkat desa dan selanjutnya infor itu teruskan ke polisi kehutanan (Polhut) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Wilayah II Subulussalam.

“Saat ini masih menunggu tim dari BKDA Aceh untuk lakukan olah TKP (tempat kejadian perkara),” ujar Kapolres Aceh Selatan.

3. Tim dokter BKSDA masih nekropsi bangkai untuk mencari tahu penyebab kematian

Harimau Sumatera Mati di Kebun Kacang, Diduga Terkena Jerat BabiHarimau Sumatera yang masuk box trap yang dipasang di Desa Plakat, Kecamatan Semendo Darat Ulu, Kabupaten Muaraenim, Sumsel/IDN Times/Istimewa

Informasi tersebut juga disampaikan Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) BKSDA Aceh, Erwan Candra Jaya mengatakan, harimau ditemukan mati terjerat di sekitar Gunung Singseng, Gampong Buket Meuh, pada Sabtu, sekitar pukul 10.00 WIB.

Disampaikan, tim gabungan telah melakukan pengamanan di lokasi sambil melakukan nekropsi pada bangkai Harimau Sumatera tersebut.

“Sambil menunggu tim dokter hewan BKSDA untuk melakukan nekropsi, untuk mengetahui penyebab kematian,” kata Erwan.

Adapun pihak yang terlibat dalam tim, yakni BKSDA Seksi Wilayah II, Resor KSDA Tapak Tuan, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) VI, Kepolisian Sektor (Polsek) Meukek, dan Komando Rayon Militer (Koramil) 03/Meukek.

Selain itu turut didukung Wildlife Conservation Society (WCS) serta Forum Konservasi Leuser (FKL).

Baca Juga: Begini Cara Membuat Konten Makin Kreatif dengan Fitur AI Sky Filter

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya