Gempa Kekuatan Magnitudo 6,3 Guncang Aceh Jaya

Gempa dangkal akibat sesar geser

Banda Aceh, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempabumi tektonik berkekuatan Magnitudo (M) 6,3 mengguncang Aceh, Sabtu (30/12/2023) pukul 12.19 WIB. Gempa tidak berpotensi terjadi tsunami itu berpusat di koordinat 2,50 Lintang Utara dan 93,00 Bujur Timur.

“Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 372 kilometer arah barat daya Kota Calang, Aceh Jaya pada kedalaman 12 kilometer,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin, saat dikonfirmasi, Sabtu (30/12/2023).

1. Gempa bumi dangkal akibat aktivitas di Investigator Fracture Zone

Gempa Kekuatan Magnitudo 6,3 Guncang Aceh JayaIlustrasi gempa. (IDN Times/Sukma Shakti)

Andi menyampaikan merujuk lokasi episenter dan kedalam, gempa yang terjadi termasuk dalam kategori dangkal. Hal ini akibat adanya aktivitas di Investigator Fracture Zone

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar geser (strike-slip),” ujarnya.

2. Skala intensitas mencapai IV Modified Mercally Intensity (MMI)

Gempa Kekuatan Magnitudo 6,3 Guncang Aceh Jayailustrasi gempa (IDN Times/Esti Suryani)

Andi menjelaskan gempa yang terjadi 372 kilometer arah barat laut Kota Calang, Aceh Jaya, tersebut turut dirasakan di daerah Kabupaten Aceh Selatan dan Simeulue dengan skala intensitas IV (Modified Mercally Intensity).

“Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah,” jelasnya.

Selain itu gempa juga dirasakan di Kabupaten Aceh Barat Daya dengan skala intensitas III MMI, di Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh dengan skala II MMI.

“Hingga pukul 12.41 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” imbuhnya.

3. BMKG imbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh berita bohong

Gempa Kekuatan Magnitudo 6,3 Guncang Aceh Jayailustrasi gempa (IDN Times/Esti Suryani)

Sehubungan dengan itu, Andi mengimbau kepada masyarakat agar tehap tenang dan tidak terpengaruh isu yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

BMKG juga meminta warga agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa.

“Yang dapat membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” imbau Andi.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Lempeng Tektonik, Bisa Sebabkan Gempa Bumi!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya