Gajah Jantan Ditemukan Mati di Kawasan APL Nagan Raya

Gajah sudah mati beberapa hari lalu

Banda Aceh, IDN Times - Satu individu Gajah Sumatera atau Elephas maximus sumatranus ditemukan mati di Gampong Paya Udeung, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

Bangkai gajah tersebut telah dilakukan nekropsi oleh tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dan dokter hewan, dibantu pihak kepolisian, TNI, dan warga setempat.

1. Ditemukan mati di kawasan APL

Gajah Jantan Ditemukan Mati di Kawasan APL Nagan RayaGajah mati di Kabupaten Nagan Raya.

Kepala BSKDA Aceh, Ujang Wisnu Barata, mengatakan informasi penemuan bangkai pertama kali diketahui pada 1 Maret 2024. Keesokan harinya, tim gabungan bergerak ke lokasi.

“Ditemukan seekor Gajah Sumatera mati di areal penggunaan lain (APL) Desa Paya Udeung,” kata Ujang, Senin, 11 Maret 2024.

2. Usia gajah 35 tahun dan masih memiliki gading

Gajah Jantan Ditemukan Mati di Kawasan APL Nagan RayaGajah mati di Kabupaten Nagan Raya.

Hasil pemeriksaan tim dokter hewan, gajah tersebut berjenis kelamin jantan dengan estimasi usia sekitar 35 tahun. Saat ditemukan, sepasang gading masih berada di kepala satwa liar dilindungi tersebut.

Gading sebelah kanan panjang 114 sentimeter, diameter pangkal 37 sentimeter, dan diameter ujung 25 sentimeter. Sementara sebelah kiri panjang 105 sentimeter, diameter pangkal 36 sentimeter, dan diameter ujung 25 sentimeter.

“Gajah diprediksi sudah mati satu minggu yang lalu, dengan kondisi bangkai sudah mengalami pembusukan tingkat lanjut,” kata Ujang.

“Tim medis tidak melakukan pengambilan organ untuk pemeriksaan lebih lanjut,” imbuhnya.

3. Kematian gajah masih diselidiki

Gajah Jantan Ditemukan Mati di Kawasan APL Nagan RayaGajah Sumatera mati di kawasan APL di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Diduga tersengat listrik. (Dokumentasi BKSDA Aceh untuk IDN Times)

Hasil pemeriksaan sampel organ dalam secara makroskopis berupa limpa, paru, ginjal, hati, jantung, usus sudah mengalami autolisis sehingga tidak dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium. 

“Selanjutnya BKSDA Aceh akan terus berkoordinasi dengan Polsek Seunagan terkait dengan kematian gajah,” ucap Ujang.

Baca Juga: BKSDA Aceh Didemo, Protes Soal Dugaan Kerusakan SM Rawa Singkil

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya