Comscore Tracker

Cuaca Ekstrem Landa Aceh, Puluhan Rumah di 9 Kabupaten dan Kota Rusak 

Cuaca ekstrem terjadi selama beberapa hari terakhir

Banda Aceh, IDN Times - Cuaca ektrem berupa hujan deras disertai angin kencang melanda sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Aceh, selama beberapa hari terakhir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas Yunus mengatakan, cuaca ekstrem yang terjadi juga mengakibatkan bertumbangan pepohonan.

"Cuaca ekstrem menimbulkan angin kencang yang menyebabkan tumbangnya pohon yang menimpa rumah warga," kata Ilyas, pada Minggu (29/5/2022).

Berikut sebaran cuaca ekstrem di Provinsi Aceh berdasarkan data yang dihimpun BPBA mulai 28-29 Mei 2022.

1. Puluhan rumah di Kabupaten Aceh Besar dan Kota Langsa rusak

Cuaca Ekstrem Landa Aceh, Puluhan Rumah di 9 Kabupaten dan Kota Rusak Hujan disertai angin kencang landa sejumlah kabupaten kota di Aceh. (Foto Istimewa)

Di Kabupaten Aceh Besar, angin kencang melanda Kecamatan Simpang Tiga dan Mesjid Raya, pada Sabtu (28/5/2022). Akibatnya, 10 unit rumah milik warga rusak.

Secara rinci, di Gampong Ateuk Lam Ura, Kecamatan Simpang Tiga, satu unit rumah alami rusak berat dan satu unit lainnya rusak ringan. Akibatnya, dua kepala keluarga berjumlah enam jiwa, terpaksa mengungsi ke rumah saudara mereka.

Lalu di Gampong Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, satu rumah rusak berat, tiga rusak sedang, dan empat rusam ringan. Delapan kepala keluarga atau 25 korban menjadi korban.

Sementara itu, di Kota Langsa, cuaca ekstrem yang terjadi pada, Sabtu (28/5/2022) merusak puluhan rumah akibat tertimpa pohon di sejumlah kecamatan.

Di Kecamatan Langsa Lama, 12 unit rumah rusak berat dan satu unit rusak ringan .Selanjutnya, di Kecamatan Langsa Barat, sembilan unit rusak berat dan satu unit rusak ringan.

Lalu, Kecamatan Langsa Kota, dua unit rumah alami rusak berat dan tiga unit lainnya rusak ringan serta Kecamatan Langsa Baro, dua unit rusak berat.

Baca Juga: Baru Bebas, Residivis di Aceh Kembali Perkosa Anak di Bawah Umur

2. Angin kencang landa Kota Banda Aceh dan Sabang

Cuaca Ekstrem Landa Aceh, Puluhan Rumah di 9 Kabupaten dan Kota Rusak Hujan disertai angin kencang landa sejumlah kabupaten kota di Aceh. (Foto Istimewa)

Angin kencang juga melanda Kota Banda Aceh, pada Minggu (29/5/2022). Di Gampong Lambaro Skep, Kecamatan Kuta Alam, atap dari dua unit rumah diterbangkan angin. Tiga kepala keluarga atau 10 jiwa kejadian ini mengungsi ke rumah tetangga.

Kemudian di Gampong Tibang, Kecamatan Syiah Kuala, satu rumah toko (ruko) rusak sedang, tiga unit rumah rusak berat dan satu unit sepeda motor ringsek tertimpa runtuhan rumah.

Cuaca ekstrem juga melanda Kota Sabang. Satu unit rumah warga di Gampong Jaboi, Kecamatan Sukajara, rusak ringan akibat diterjang angin kencang, pada Sabtu (28/5/2022).

Angin kencang kembali melanda kota paling barat di Indonesia ini, pada Minggu (29/5/2022). Satu unit rumah warga di Gampong Kongsi, Kecamatan Sukajara, alami rusak ringan.

Meski demikian, tidak ada pengungsi maupun korban jiwa dalam dua peristiwa tersebut. Sementara dua rumah hanya mengalami kerusakan atapnya yang terbang.

3. Di Kabupaten Bener Meriah, angin kencang rusak puluhan rumah serta satu tempat ibadah

Cuaca Ekstrem Landa Aceh, Puluhan Rumah di 9 Kabupaten dan Kota Rusak Hujan disertai angin kencang landa sejumlah kabupaten kota di Aceh. (Foto Istimewa)

Di Kabupaten Bener Meriah, cuaca ekstrem yang melanda daerah ini selama 28-29 Mei 2022 mengakibatkan puluhan rumah di tujuh kecamatan dan prasarana umum rusak.

Enam rumah, satu unit sarana tempat ibadah, dan satu unit mobil di Kecamatan Bukit Rusak, dua unit rumah di Kecamatan Bandar, rusak, dan dua unit lainnya di Kecamatan Weh Pesam.

Keesokan hari atau Minggu (29/5/2022), empat unit rumah di Kecamatan Bukit, rusak usai dilanda cuaca buruk berupa hujan lebat dan angin kencang. Selanjutnya, di Kecamatan Bandar, delapan unit rumah alami rusak.

Di Kecamatan Weh Pesam, enam unit rumah rusak. Lalu masing-masing di Kecamatan Mesidah, Timang Gajah, Pintu Rime Gayo, Syiah Utama, satu unit rumah rusak.

4. Cuaca ekstrem di Kabupaten Aceh Barat Daya, Gayo Lues, Pidie Jaya, dan Aceh Timur

Cuaca Ekstrem Landa Aceh, Puluhan Rumah di 9 Kabupaten dan Kota Rusak Ilustrasi cuaca ekstrem. IDN Times/Mardya Shakti

Di Kabupaten Aceh Barat Daya, angin kencang merusak satu unit rumah warga alami rusak sedang di Gampong Adan, Kecamatan Tangan-Tangan, pada Sabtu (28/5/2022).

Sementara di hari yang sama, Kabupaten Gayo Lues tepatnya di Gampong Kampung Uring, Kecamatan Pining, dua unit rumah alami rusak berat, akibat angin kencang yang melanda.

Di Kabupaten Pidie Jaya, enam unit rumah di Kecamatan Bandar Baru rusak ringan, dan satu unit menasah di Kecamatan Trienggadeng rusak sedang.

Selanjutnya, kejadian serupa dan di hari yang sama juga terjadi di Kabupaten Aceh Timur. Cuaca buruk mengakibatkan 14 unit rumah warga di Gampong Alue Buloh, Kecamatan Birem Bayeun, rusak ringan.

Baca Juga: 17 Tahun Tsunami Aceh, 10 Potret Dulu vs Sekarang Kota Banda Aceh

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya