Cari Sarang Walet, 2 Warga Tewas Jatuh Ke Jurang Sedalam 150 Meter

Tali yang digunakan korban tidak cukup panjang

Aceh Barat, IDN Times - Dua warga tewas usai jatuh ke dalam jurang saat mencari burung di kawasan Gampong Tanoh Mirah, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, pada Senin (16/8/2022).

Adapun identitas masing-masing korban yakni Dedi (35) warga Gampong Blang Dalam Bulutung Kecamatan Gempang Dua dan Irwan (32) warga Gampong Gempang Kene, Kecamatan Gempang Satu.

"Kondisi membahayakan manusia 2 orang jatuh ke jurang di Gampong Tanoh Mirah," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Search and Rescue (SAR) Kelas A Banda Aceh, Budiono, Selasa (17/8/2021).

1. Korban bersama empat rekannya mencari sarang burung walet

Cari Sarang Walet, 2 Warga Tewas Jatuh Ke Jurang Sedalam 150 MeterDok.IDN Times/Istimewa

Budiono menyampaikan, kronologis kejadian berawal saat dua korban beserta empat rekannya berangkat dari desa untuk masuk ke dalam hutan.

Mereka berangkat dengan membawa sejumlah perlengkapan seperti goni dan tali tambang yang digunakan untuk turun ke lembah dengan kedalaman 150 meter.

"Pergi mencari sarang burung walet di dalam gua di kawasan Gampong Tanoh Mirah," ujarnya.

Baca Juga: Biografi Cut Nyak Dien dan Duetnya dengan Teuku Umar Bela Rakyat Aceh

2. Korban sempat saling menyelamatkan

Cari Sarang Walet, 2 Warga Tewas Jatuh Ke Jurang Sedalam 150 MeterIlustrasi. Basarnas Makassar melakukan persiapan evakuasi kapal yang dikabarkan hilang di perairan Lajjukang, Pangkep. IDN Times/Basarnas Makassar

Tali tambang yang dibawa Irwan, Dedi, beserta empat rekannya ternyata tidak cukup panjang untuk turun ke lokasi sarang walet. Hal itu kemudian membuat Irwan, terjatuh akibat tali yang digunakan untuk turun habis.

Melihat Irwan jatuh, Dedi, coba membantu dengan turun ke bawah. Nahas, ia pun ikut terjatuh dan menjadi korban.

"Melihat kedua temannya yang terjatuh, keempat rekan korban lainya naik ke atas untuk meminta bantuan," kata Budiono.

3. Kedua korban meninggal dunia

Cari Sarang Walet, 2 Warga Tewas Jatuh Ke Jurang Sedalam 150 MeterProses evakuasi warga yang jatuh ke jurang (Dokumentasi Tim SAR for IDN Times)

Pos SAR Meulaboh yang menerima informasi adanya warga jatuh ke dalam jurang langsung menuju ke lokasi bersama pihak kepolisian, TNI, dan sejumlah personel dari unsur terkait lainnya.

Untuk mengevakuasi korban, dikatakan Budiono, tim menggunakan teknik rapeling. Senin, sekitar pukul 17.00 WIB, jasad Irwan berhasil dievakuasi. Satu jam kemudian jasad Dedi.

"Malamnya, Tim SAR gabungan tiba di posko, selanjutnya korban diserahkan kepada pihak keluarga dan dibawa ke rumah duka," ucap Budiono.

Baca Juga: Ngakak, 4 Ilustrasi Tingkah Laku Narapidana di Tahanan Medan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya