Butuh 24 Jam untuk Padamkan Kebakaran Suzuya Mal Banda Aceh

Api sempat membesar tiga kali hingga pagi tadi

Banda Aceh, IDN Times - Api yang membakar gedung Suzuya Mal Banda Aceh, di Gampong Lamteumen Timur, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh, Aceh, mulai padam, pada Selasa (5/4/2022) siang. Api baru padam setelah 24 jam setelah kebakaran terjadi Senin (4/4/2022).

Pantauan IDN Times di lokasi, asap hitam masih sempat terlihat sekitar pukul 09.30 WIB. Walaupun demikian, hingga pukul 11.30 WIB, tidak ada tanda-tanda api akan muncul kembali.

Sementara para petugas masih berupaya melakukan pendinginan di seluruh gedung guna memastikan tidak ada lagi bara yang tersisa dan hidup.

"Kita belum bisa memastikan penyebabnya apa, karena ini pun belum bisa kita kasih tahu apa penyebabnya," kata Regional Manager Suzuya Mal Banda Aceh, Nelly Marlina, Selasa (5/4/2022).

1. Suzuya Mal belum ketahui berapa kerugian perusahaan

Butuh 24 Jam untuk Padamkan Kebakaran Suzuya Mal Banda AcehSuzuya Mal di Kota Banda Aceh, Aceh, terbakar. (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Walau seluruh ruangan bangunan mengalami kerusakan, namun pihak Suzuya Mal belum bisa memastikan taksiran kerugian. Sebab, tim dari perusahaan belum bisa masuk ke dalam.

"Kalau untuk kerugian kita belum bisa deteksi dan kasih gambaran. Karena kita masih di luar menunggu pemadaman api," ujar Nelly.

Baca Juga: Lebih 16 Jam, Kebakaran di Gedung Suzuya Mal Belum Padam

2. Pastikan tidak ada pekerjaan yang terkurung saat kejadian

Butuh 24 Jam untuk Padamkan Kebakaran Suzuya Mal Banda AcehSuzuya Mal di Kota Banda Aceh, Aceh, terbakar. (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Sejak insiden kebakaran terjadi, pada Senin (4/4/2022) sekira pukul 11.30 WIB, tim pemadam kebakaran dikatakan Nelly, terus berupaya melakukan pemadaman hingga hari ini, Selasa (5/4/2022).

"Sampai saat ini dan detik ini, bisa dilihat masih ada mobil damkar," ucap Regional Manager Suzuya Mall Banda Aceh itu.

Sehubungan dengan itu, dia memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Terutama karyawan yang berada di bawah naungan Suzuya Group.

"Tidak ada karyawan yang terjebak. Semua customer, karyawan, itu sudah kosong dari gedung. Itu tidak ada yang terjebak," kata Nelly.

3. Nasib para karyawan masih tanda tanya

Butuh 24 Jam untuk Padamkan Kebakaran Suzuya Mal Banda AcehSuzuya Mal di Kota Banda Aceh, Aceh, terbakar. (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Kebakaran yang terjadi pada satu-satunya mal di Kota Banda Aceh tentunya mengakibatkan dampak baru. Satu di antaranya adalah nasib para karyawan yang selama ini bekerja di pusat perbelanjaan modern tersebut.

Menanggapi hal itu, Nelly mengatakan, sebelumnya perusahaan telah memulangkan mereka ke rumahnya masing-masing. Sedangkan yang masih berada di lokasi hanya beberapa staf.

Sementara, terkait masa depan status para pekerja di pusat perbelanjaan modern tersebut, pimpinan perusahaan itu pun belum mampu memberikan komentar.

"Itu belum tahu juga, karena ini kita masih proses apinya dipadamkan, dan kita bekum menentukan untuk langkah-langkah selanjutnya.

Baca Juga: Suzuya Mal di Banda Aceh Terbakar Dua Kali Dalam Sehari

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya