Banjir Landa 3 Kabupaten di Aceh, Jalan Lintas Singkil-Sibolga Longsor

Sebanyak 22 gampong di Bireuen terendam banjir

Banda Aceh, IDN Times - Tingginya curah hujan yang melanda wilayah Aceh dalam beberapa hari terakhir membuat puluhan gampong di Kabupaten Bireuen dan Kabupaten Simeulue dilanda banjir. Sementara di Kabupaten Aceh Singkil terjadi bajir dan longsor.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas Yunus mengatakan, banjir yang melanda kedua kabupaten tersebut mulai terjadi sejak Selasa (19/9/2023) sore.

1. Banjir landa tiga kecamatan di Simeulue

Banjir Landa 3 Kabupaten di Aceh, Jalan Lintas Singkil-Sibolga LongsorBanjir di Kabupaten Simeulue. (Dokumentasi Pusdalops PB BPBA untuk IDN Times)

Berdasarkan data yang IDN Times dapatkan dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBA, hingga Rabu (20/9/2023) pukul 11.55 WIB, banjir merendam sembilan gampong tersebar dalam tiga kecamatan di Kabupaten Simeulue.

Di Kecamatan Simeulue Timur banjir terjadi di Gampong Suak Buluh dan Gampong Air Dingin; di Kecamatan Teupah Tengah terjadi di Gampong Labuah, Gampong Nancawa, Gampong Abail, Gampong Simpang Abail, Gampong Sua Sua, dan Gampong Situbuk; serta di Kecamtan Teupah Barat tepatnya di Gampong Awel Sebel.

“Genangan di beberapa wilayah Kabupaten Simeulue dengan ketinggian air lebih kurang mencapai 60-80 sentimeter,” ujar Ilyas.

Hingga kini petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simeulue masih mengevakuasi warga yang terjebak banjir. Air disebutkan masih menggenangi pemukiman warga. Data korban masih dikumpulkan.

2. Di Kabupaten Bireuen, 22 gampong terendam banjir

Banjir Landa 3 Kabupaten di Aceh, Jalan Lintas Singkil-Sibolga LongsorIlustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, banjir yang melanda Kabupaten Bireuen sejak Selasa sore mengakibatkan 22 gampong dalam dua kecamatan terendam. Informasi terakhir, Rabu, pukul 19.50 WIB, air mulai surut dan warga melakukan pembersihan rumah.

Adapun daerah yang dilanda banjir di Kabupaten Bireuen, yakni di Kecamatan Jeumpa merendam Gampong Mon Mane, Gampong Abeuk Usong, Gampong Blang Seupeung, Gampong Paloh Seulimeng, Gampong Paloh Lawang, Gampong Teupok Tunong, Gampong Teupok Baro, dan Gampong Blang Gandai.

Selanjutnya di Kecamatan Peudada terjadi di Gampong Tanjung Seulamat, Gampong Alue Sijuk, Gampong Dayah Mon Ara, Gampong Tgk Dibaroh, Gampong Blang Bati, Gampong Blang Matang, Gampong Hagu, Gampong Meunasah Alue, Gampong Blang Rangkuluh, Gampong Cot Laot, Gampong Cot Kruet, Gampong Pinto Rimba, Gampong Mulia, dan Gampong Blang Beruru.

“Korban terdampak dari 22 gampong tersebut yakni 974 kepala keluarga (KK) atau 3.133 jiwa,” kata Ilyas.

3. Longsor di Aceh Singkil tutup jalan lintas Singkil-Sibolga

Banjir Landa 3 Kabupaten di Aceh, Jalan Lintas Singkil-Sibolga LongsorAlat berat dikerahkan untuk membersihkan material longsor di Kecamatan Danau Paris, Kabupaten Aceh Singkil. (Dokumentasi Pusdalops PB BPBA untuk IDN Times)

Hujan dengan intensitas tinggi juga terjadi di Kabupaten Aceh Singkil. Akibatnya, banjir dan longsor terjadi di daerah ini, Rabu, pukul 16.30 WIB. Sejumlah infrastruktur dilaporkan mengalami kerusakan.

Lokasi pertama longsor yakni di jalan antara desa, tepatnya di Gampong Situban Makmur, Kecamatan Danau Paris. Kemudian, di Gampong Sikoran dan Gampong Lae Balno di kecamatan yang sama.

“Tertutupnya akses jalan nasional Singkil-Sibolga tepatnya di Gampong Sikoran dan Gampong Lae Balno,” kata Ilyas.

“Saat ini banjir dan longsor masih terjadi, serta kendaraan belum bisa melewati,” imbuhnya.

Baca Juga: Insiden 7 September, Guru Jaga 324 Siswa saat Bentrok Relokasi Rempang

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya