Aceh Menjadi Provinsi dengan Persentase Kelulusan SNBP Tertinggi

Persentase kelulusan siswa Aceh mencapai 42,12 persen

Banda Aceh, IDN Times - Aceh menjadi provinsi dengan persentase tertinggi di Indonesia kelulusan siswa yang mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Tahun 2024.

“Pencapaian ini menunjukkan keseriusan siswa, para guru, kepala sekolah dan pemangku kepentingan pendidikan di Aceh untuk meningkatkan kualitas,” kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri, Jumat (29/3/2024).

1. Persentase kelulusan siswa Aceh mencapai 42,12 persen

Aceh Menjadi Provinsi dengan Persentase Kelulusan SNBP Tertinggiilustrasi ujian (unsplash.com/Ben Mullins)

Alhudri mengatakan, jumlah siswa mendaftar SNBP mencapai 17.095 orang dan yang dinyatakan lulus 7.200 orang atau 42,12 persen. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya dari 16.456 orang yang mendaftar dan lulus 6.888 atau 41,86 persen.

“Ini menandakan adanya kenaikan persentase kelulusan siswa Aceh ke PTN melalui jalur SNBP,” ujar Alhudri.

2. Kemampuan siswa di Aceh tidak kalah dengan daerah lain

Aceh Menjadi Provinsi dengan Persentase Kelulusan SNBP TertinggiIlustrasi ujian (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Kepala Dinas Pendidikan Aceh itu menyampaikan bahwa prestasi yang diraih ini merupakan bentuk kemampuan siswa dari Bumi Serambi Makkah tidak kalah dengan daerah lain. Bahkan untuk tahun ini di atas daerah lainnya.

“Kami tidak pernah meragukan kemampuan anak didik kita. Mereka memiliki kemampuan yang tidak kalah hebat dari anak dari daerah lain,” kata Alhudri.

Posisi kedua ada Sulawesi Utara (41,82 persen), Sulawesi Tengah (36,70 persen), Sulawesi Tenggara (32,77 persen), dan Bali (32,69 persen).

3. Jawa Timur menjadi provinsi paling banyak lulus

Aceh Menjadi Provinsi dengan Persentase Kelulusan SNBP Tertinggiilustrasi ujian (unsplash.com/Scott Graham)

Sementara itu, Ketua Umum Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Ganefri, mengatakan Jawa Timur menduduki posisi pertama provinsi yang siswanya banyak diterima di jalur SNBP 2024

“Total siswa yang mendaftar SNBP dan berasal dari Jawa Timur mencapai 90.292 dan yang diterima sebanyak 20.237 siswa,” kata Ganefi, dalam konferensi pers daring di YouTube SNPM BPPP, Selasa (26/3/2024).

Baca Juga: Ujian SNBT 2024, Siswa Asal Nias Tidak Perlu Repot ke Medan Lagi

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya