Aceh Masuk Gelombang Dua Haji, Ada 4.709 Jemaah

Jemaah haji mulai berangkat pada 29 Mei

Banda Aceh, IDN Times - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh, Azhari, mengatakan, embarkasi asal Tanah Rencong masuk gelombang kedua musim haji 1445 Hijriah atau 2024 Masehi. 

“Alhamdulillah kita embarkasi Aceh mendapat gelombang kedua tahun ini. Tentu ini memberikan kemudahan untuk persiapan baik di Kanwil, Asrama Haji, maupun jemaah haji,” kata Azhari, Kamis (18/4/2024).

1. Jemaah haji mulai berangkat pada 29 Mei

Aceh Masuk Gelombang Dua Haji, Ada 4.709 JemaahIlustrasi haji (Dok: pixabay.com/Konevi)

Dia menyampaikan, Aceh akan memberangkatkan 4.709 jemaah dan termasuk petugas haji menuju Tanah Suci pada pelaksanaan tahun 2024. Pemberangkatan dilakukan dalam 12 kelompok terbang (kloter).

Jemaah haji Aceh, kata Azhari, akan berangkat menuju Tanah Suci mulai 29 Mei 2024. Sedangkan gelombang pertama akan lebih dulu berangkat pada 12 Mei 2024.

“Jemaah haji Aceh nantinya akan berangkat menuju Tanah Suci pada 29 Mei melalui Bandar Udara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar menuju Makkah,” ujar Azhari.

2. Seluruh persiapan mengenai haji telah rampung

Aceh Masuk Gelombang Dua Haji, Ada 4.709 JemaahPotret Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi (pexels.com/Mutahir Jami)

Dia menjelaskan, sejauh ini Kementerian Agama terus melakukan berbagai persiapan baik menyangkut dengan penginapan jemaah di embarkasi. Termasuk penyusunan Pembantu Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPPIH) 2024, dokumen dan berbagai hal teknis lain.

“Yang pertama, kita di kanwil sudah menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan pada saat pemberangkatan, penyusunan PPPIH yang akan diterbitkan SK oleh pusat. Pekan depan kita akan melakukan pelantikan dan kemudian persiapan di asrama haji,” jelas Azhari.

3. Jemaah haji diminta untuk memantapkan diri menjelang hari keberangkatan

Aceh Masuk Gelombang Dua Haji, Ada 4.709 JemaahIlustrasi jemaah haji. (dok. Kemenag)

Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, kata Azhari, akan melakukan koordinasi dengan kabupaten kota. Begitu juga dengan pihak transportasi yang membawa jemaah haji selama di Aceh hingga ke Arab Saudi.

Langkah itu dilakukan untuk memudahkan seluruh jemaah memahami informasi dan mengetahui jadwal berangkat ke Tanah Suci pada gelombang kedua sesuai kloter keberangkatan.

Ia berharap para jemaah haji Aceh untuk memantapkan diri menjelang hari keberangkatan. Mulai persiapan menyangkut dengan kesehatan fisik, mental, dan juga memantapkan manasik haji.

“Kemenag kabupaten/kota juga akan melaksanakan manasik, kita harap seluruh jemaah mengikutinya dan sekiranya semua pesan yang disampaikan dalam manasik diikuti dengan serius, artinya manfaat itu untuk jemaah untuk itu sendiri, sehingga saat sampai di Tanah Suci jemaah betul-betul mandiri,” imbuh Azhari.

Baca Juga: 853 Ton Sampah di Banda Aceh Selama Libur dan Cuti Bersama Idul Fitri

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya