393 Jemaah Haji Kloter 1 Aceh Sudah Terbang ke Madinah

Jemaah diminta kurangi aktivitas selain ibadah

Banda Aceh, IDN Times - Jemaah calon haji Embarkasi Aceh Kelompok Terbang (Kloter) 1 telah diberangkatkan ke Madinah, Arab Saudi, melalui bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), pada Rabu (24/5/2023) sekitar pukul 07.34 WIB.

“Alhamdulillah, jemaah haji kita kloter pertama sudah berangkat ke Arab Saudi tepat waktu pagi ini. Semoga mereka juga tiba tepat waktu di Madinah,” kata Inspektur Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI), Faisal Ali Hasyim.

1. Kloter 1 berisi 393 jemaah, didominasi perempuan

393 Jemaah Haji Kloter 1 Aceh Sudah Terbang ke MadinahIlustrasi jemaah haji. (dok. Angkasa Pura I)

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari mengatakan, Kloter 1 terdiri 393 jemaah yang berasal dari Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh.

“Jemaah yang terdiri dari 170 laki-laki dan 223 perempuan tersebut diberangkatkan dengan pesawat 777-300ER milik maskapai Garuda Indonesia,” kata Azhari.

Baca Juga: Tangis Haru Keluarga Melepas Paridah Nasution Berangkat ke Tanah Suci

2. Tiba di Madinah, jemaah akan melaksanakan sejumlah ibadah

393 Jemaah Haji Kloter 1 Aceh Sudah Terbang ke MadinahIlustrasi jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Para jemaah dikatakan Azhari, akan mendarat di Bandar Udara Prince Mohammed bin Abdulaziz (MED) Madinah sekitar pukul 11.20 waktu setempat. Usai pemeriksaan imigrasi Arab Saudi, rombongan lalu diberangkatkan ke pemondokan di sekitar Masjid Nabawi.

Selama di Madinah, jemaah bakal melaksanakan Salat Arbain, yakni Salat Fardu 40 kali di Masjid Nabawi, Madinah, secara berjamaah berturut-turut tanpa terputus. Biasanya dimulai pada waktu salat pertama sejak kedatangan dari bandara MED Madinah ke pemondokan.

“Selain melaksanakan arbain, jemaah haji juga melakukan beberapa kegiatan lain seperti melakukan ziarah ke makam Rasulullah SAW dan tempat-tempat bersejarah yang ada di Kota Madinah,” jelasnya.

3. Jemaah diminta untuk tidak banyak melakukan aktivitas selain ibadah

393 Jemaah Haji Kloter 1 Aceh Sudah Terbang ke MadinahSuasana di pelataran Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Mengingat di Arab Saudi cuaca saat ini, ketua PPIH Embarkasi Aceh berharap para jemaah haji tidak terlalu memaksakan diri dalam beraktivitas, terutama bila dalam kondisi kesehatan tidak memadai.

“Jangan paksakan diri untuk ziarah, jalan-jalan atau belanja dulu. Pertimbangkan dan persiapkan kondisi fisik untuk menghadapi saat-saat penting di Mekah,” ujar Azhari.

Sementara itu, jemaah haji Kloter 2 yang berasal dari Kabupaten Pidie, Kabupaten Aceh Besar, dan Kota Langsa, masuk asrama haji pada Rabu (24/5/2023). Kloter ini akan diberangkatkan pada Kamis (25/5/2023).

Baca Juga: Kakek Abbas, Calon Haji 96 Tahun asal Madina Menabung dari Bertani

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya