Ternyata Ini Pemicu Pertengkaran Bupati dan Wakil Bupati Rohil

Sulaiman merasa tak dihargai lagi oleh Bupati

Rokan Hilir, IDN Times - Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) Sulaiman akhirnya angkat bicara terkait pertengkarannya dengan Bupati Rohil Afrizal Sintong, yang terjadi di dalam acara pelantikan Pj Kepala Desa/ Penghulu di Kecamatan Pesakitan, Kabupaten Rohil, Provinsi Riau, pada Kamis (1/2/2024).

Sebelumnya, dalam keributan itu, Afrizal dan Sulaiman awalnya tampak bersitegang. Bahkan, keduanya nyaris terjadi adu jotos. 

Momen itu terekam oleh kamera handphone warga yang berada dilokasi acara tersebut. Bahkan video itu menjadi viral dan tersebar di media sosial.

Dalam rekaman video itu, Afrizal Sintong dan Sulaiman sempat terjadi kontak fisik, yakni saling mendorong. Tidak hanya itu, keduanya juga tampak saling tunjuk menunjuk. 

Sulaiman saat dikonfirmasi mengatakan, saat itu dirinya memang sengaja mendatangi Afrizal Sintong ke acara tersebut, karena sudah tidak tahan dengan perlakuan Si Bupati. 

"Saya memang tidak diundang dalam acara itu. Saya datang ingin menanyakan kenapa sebagai Wakil Bupati saya tidak diundang, bahkan tidak diberitahu setiap ada kegiatan,” kata Sulaiman, Jumat (2/2/2024).

1. Sulaiman merasa tak dihargai sebagai Wakil Bupati

Ternyata Ini Pemicu Pertengkaran Bupati dan Wakil Bupati RohilVideo yang memperlihatkan Bupati Rohil Afrizal Sintong ribut dengan Wakilnya Sulaiman (IDN Times/ IG rokanhilircity)

Dikatakan Sulaiman, ia merasa Afrizal tidak menghargai dirinya sebagai Wakil Bupati. Sebab, hal ini tidak sekali saja terjadi.

"Kondisi ini sudah lama terjadi sejak 2023. Saya ini kan Wakil Bupati, hargailah saya sebagai Wakil Bupati. Paham kewenangan Bupati gimana dan saya pun paham juga tugas dan tanggung jawab saya," terangnya.

2. Istri Bupati berdiri dan menunjuk-nunjuk

Ternyata Ini Pemicu Pertengkaran Bupati dan Wakil Bupati RohilWakil Bupati Rohil Sulaiman saat meninggalkan acara pelantikan Pj Kepala Desa usai ribut dengan Bupati Afrizal Sintong (IDN Times/ IG rokanhilircity)

Lebih jauh dijelaskannya, saat menanyakan kepada Afrizal Sintong mengenai kenapa dirinya tak diundang dalam pelantikan Pj Kepala Desa itu, Sulaiman mengatakan tiba-tiba istri Afrizal Sintong berdiri dan menunjuk-nunjuknya. Saat itu, Sulaiman meminta kepada istri Afrizal untuk tidak ikut campur urusan Bupati dan Wakil Bupati.

"Setelah itu, Bupati dorong saya, terus saya reflek jadi balas dorong. Seperti itulah kejadiannya sesuai dalam video yang beredar itu," jelas Sulaiman.

3. Sulaiman mengaku sudah cukup sabar dengan perlakuan Afrizal Sintong

Ternyata Ini Pemicu Pertengkaran Bupati dan Wakil Bupati RohilWakil Bupati Rohil Sulaiman (IDN Times/ www.rohilkab.go.id)

Lebih jauh Sulaiman mengaku, selama ini dirinya sudah cukup sabar dengan perlakuan Afrizal.

"Makanya, saat itu saya ambil mikrofon untuk bicara. Saya harus bicara, saya tidak diikutsertakan pelantikan tersebut. Kalau soal batal membatalkan, saya tidak ada niat untuk membatalkan pelantikan," akui Sulaiman.

Dalam kesempatan itu, Sulaiman menegaskan bahwa dirinya tidak ada menyimpan rasa dendam kepada Afrizal.

"Dalam hidup saya tidak ada yang namanya dendam. Tidak mau membuat permusuhan. Saya ingin Rokan Hilir ini aman dan sejuk. Tapi, Bupati ini seakan-akan menciptakan permusuhan," tuturnya.

4. Bupati Sebut Wakilnya datang seperti orang kesurupan dan ingin menggagalkan pelantikan Pj Kepala Desa

Ternyata Ini Pemicu Pertengkaran Bupati dan Wakil Bupati RohilBupati Rohil Afrizal Sintong (IDN Times/ www.rohilkab.go.id)

Disisi lain, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan, Sulaiman datang terlambat pada acara pelantikan Pj Kepala Desa tersebut.

"Dia (Sulaiman) datang belakangan, acara sudah mulai. Dia datang macam orang kesurupan," kata Afrizal.

Menurutnya, Sulaiman datang marah-marah ingin menggagalkan pelantikan Pj Kepala Desa tersebut.

"Dia bilang kenapa saya tak melapor sama dia, karena katanya itu wilayah dia. Dia marah-marah, mau membatalkan pelantikan Pj Kepala Desa itu di Kecamatan Pekaitan," ujar Afrizal.

Afrizal juga menuding, bahwa Sulaiman sudah ada niat untuk menggagalkan pelantikan Penghulu itu.

"Beberapa hari ini dia sudah ada niat mau bikin malu Bupati. Pokoknya dia harus bisa mempermalukan Bupati lah niatnya. Dia ingin menggagalkan pelantikan, tujuannya untuk mempermalukan saya," tambahnya.

5. Polisi minta semua pihak saling menahan diri

Ternyata Ini Pemicu Pertengkaran Bupati dan Wakil Bupati RohilKapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto (IDN Times/ IG temanpolisi.riau)

Terpisah, menanggapi keributan yang terjadi antara Bupati dengan Wakil Bupati itu, Kapolres Rokan Hilir AKBP Andrian Pramudianto meminta kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Rohil, untuk saling menahan diri. Pasalnya, dalam waktu dekat, Pemilu 2024 akan berlangsung.

"Kami minta semua saling menahan diri. Khususnya jelang Pemilu ini, agar situasi tetap kondusif," himbaunya.

Baca Juga: Bupati dan Wakil Bupati Rohil Bertengkar saat Pelantikan Pj Kades

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya