Spesialis Bongkar Minimarket Dibekuk, Polisi Lepaskan 8 Tembakan

Dua pelaku berasal dari Sumsel, seorang lagi dari Sumbar

Pekanbaru, IDN Times - Polisi berhasil menangkap 3 orang pelaku spesialis bongkar minimarket di Kota Pekanbaru. Mereka ditangkap di gerbang pintu jalan tol Pekanbaru-Dumai (Permai). Saat penangkapan yang berlangsung pada malam hari itu, polisi melepaskan 8 kali tembakan peringatan ke atas.

Adapun ketiga pelaku yang dimaksud, Supryadi, Ritsu Boy Rianto, dan Depi Saputra. Ketiga orang ini merupakan orang luar Provinsi Riau. Yang mana, Supryadi dan Ritsu Boy berasal dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Sedangkan Depi, berasal dari Sumatera Barat (Sumbar).

Penangkapan terhadap ketiga pelaku tersebut, dilakukan oleh tim Reserse Mobile (Resmob) Jembalang pada Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Pekanbaru.

"Para pelaku ini spesialis Curat (pencurian dengan pemberatan) minimarket. Mereka bukan orang sini (Kota Pekanbaru). Jadi mereka beraksi diluar kota asal mereka," ujar Iptu Nicho Try Hardianto, Kepala Unit (Kanit) Resmob Jembalang pada Satreskrim Polresta Pekanbaru, Jumat (10/11/2023).

Dilanjutkannya, ketiga pelaku tersebut ditangkap saat sedang dalam perjalanan menuju Kota Pekanbaru.

"Tim mendapat informasi, bahwasanya ketiga pelaku ini sedang berada di jalan tol Permai, mengarah ke Kota Pekanbaru. Selanjutnya tim bergerak ke pintu gerbang jalan tol Pekanbaru dan berhasil mengamankan ketiga pelaku tersebut," lanjutnya.

Dalam kasus ini, tim Resmob Jembalang pada Satreskrim Polresta Pekanbaru, masih memburu dua orang pelaku lainnya. Kedua pelaku itu sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Ada dua orang lagi komplotan mereka yang belum tertangkap. Inisial D dan MDM. Kedua orang ini masih kami kejar dan sudah masuk DPO," ujarnya.

1. Bongkar Alfamart dan Indomaret

Spesialis Bongkar Minimarket Dibekuk, Polisi Lepaskan 8 TembakanKanit Resmob Jembalang pada Satreskrim Polresta Pekanbaru Iptu Nicho Try Hardianto (IDN Times/ Fanny Rizano)

Iptu Nicho menerangkan, para pelaku beraksi pada waktu dini hari. Korban pertamanya adalah Indomaret yang berada di Jalan Sukarno Hatta, Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

"Di TKP (tempat kejadian perkara) ini, para pelaku diketahui beraksi pada Sabtu (29/7/2023) dinihari," terangnya.

Sedangkan di TKP kedua, para pelaku beraksi di Alfamart yang berada di Jalan Rajawali Sakti, Kelurahan Delima, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru.

"Di TKP yang kedua, para pelaku diketahui beraksi pada Kamis (3/8/2023) sekitar pukul 02.00 WIB," ucapnya.

Untuk membongkar pintu toko, para pelaku menggunakan alat-alat perkakas. Seperti obeng, tang dan kunci-kunci lainnya.

"Alat-alat yang digunakan untuk membongkar toko ya itu, alat-alat perkakas biasa, obeng, tang dan sejenis kunci-kunci," tambahnya.

Baca Juga: Prapid Ditolak, Polisi Rohul Tetap Tersangka Dugaan Penganiayaan Anak

2. Susu, cokelat dan rokok incaran pelaku, dijual untuk beli narkoba

Spesialis Bongkar Minimarket Dibekuk, Polisi Lepaskan 8 TembakanTiga pelaku spesialis bongkar minimarket (IDN Times/ Fanny Rizano)

Dijelaskan Iptu Nicho, para pelaku ketika sudah berhasil masuk kedalam toko, mengincar barang-barang yang gampang untuk dijual kembali. Seperti susu, cemilan cokelat, serta rokok.

"Kebanyakan yang dicuri para pelaku itu, susu kaleng, susu kotak, rokok pastinya dan barang-barang personal care lainnya," jelasnya.

Barang-barang hasil curian itu, dilanjutkan Iptu Nicho, dijual para pelaku kembali. Uangnya, digunakan untuk membeli narkoba.

"Uang hasil mencuri itu, mereka beli narkoba," ujarnya.

3. Saat beraksi, pelaku matikan MCB listrik

Spesialis Bongkar Minimarket Dibekuk, Polisi Lepaskan 8 TembakanIlustrasi maling (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam beraksi, ketika sudah berhasil masuk kedalam toko, para pelaku mematikan Miniature Circuit Breaker (MCB) listrik. Alhasil, aksi para pelaku tersebut, tidak terekam kamera CCTV yang berada didalam toko.

"Aksi para pelaku ketika sudah didalam (toko) tidak terekam (CCTV). Karena MCB listrik dimatikan mereka," terang Iptu Nicho.

Baca Juga: Perusahaan Amerika akan Bangun Pabrik Hilir Tenaga Surya di Batam

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya