SF Hariyanto Resmi Pj Gubernur Riau, Ini Perjalanan Kariernya

Diminta untuk siapkan program kerja dengan baik

Pekanbaru, IDN Times - SF Hariyanto resmi menjabat sebagai Pj Gubernur Riau, Kamis (29/2/2024). Hal tersebut ditandai dengan proses pelantikan yang berlangsung di Jakarta, tepatnya di Gedung Sarana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

Proses pelantikan tersebut, dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian.

SF Hariyanto saat dikonfirmasi mengatakan, adapun tugas yang diberikan Mendagri adalah harus bisa bekerja sama dalam menjalankan tugas, baik itu dalam pemerintahan maupun non pemerintahan. Kemudian, dia juga harus menyelesaikan dan melanjutkan tugas yang ditinggalkan oleh gubernur sebelumnya.

Tidak hanya itu, SF Hariyanto juga diminta untuk menyiapkan program kerja dengan baik, menyelesaikan program kerja tahun 2024, mengatasi masalah tengkes atau gizi kronik, hingga menjaga angka inflasi Provinsi Riau agar tetap stabil.

"Alhamdulillah, tadi saya sudah dilantik oleh Mendagri. Ada beberapa catatan kepada saya dan juga kepada rekan-rekan OPD (Organisasi Perangkat Daerah), yakni kita harus bisa bekerja sama. Apalagi seorang pemimpin itu tidak bisa bekerja sendiri, harus bekerja sama. Selain itu, Mendagri juga mengingatkan bahwa pemimpin itu harus bisa memberikan contoh yang baik," katanya. 

Untuk menjalankan semua itu, SF Hariyanto mengaku tidak bisa bekerja sendiri, namun memerlukan kerja tim agar keinginan besar tersebut bisa terwujud. Namun menurutnya budaya kerja tim di Provinsi Riau sudah lumrah dikerjakan. Sehingga diharapkan tugas yang diberikan bisa dikerjakan dengan baik dan lancar.

"Saya selaku yang dipercaya oleh Presiden RI Joko Widodo dan Mendagri Tito Karnavian, bahwa saya akan melaksanakan tugas dan amanah itu. Tapi saya tidak bisa bekerja sendiri. Saya bekerja dengan tim. Insyaallah tim Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah biasa melaksanakan itu," jelasnya. 

1. Ini karir SF Hariyanto di Pemprov Riau

SF Hariyanto Resmi Pj Gubernur Riau, Ini Perjalanan KariernyaSF Hariyanto kini menjabat sebagai Pj Gubernur Riau (IDN Times/ dok media centre riau)

SF Hariyanto sebelum dilantik sebagai Pj Gubernur Riau, merupakan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau. SF Hariyanto mengawali karirnya dari pegawai honorer di Dinas Pekerjaan Umum Riau sejak 1983-1987.

Empat tahun menjadi pegawai honorer, SF Hariyanto kemudian diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) pada awal November 1987. 

Sejak PNS, SF Hariyanto terus meniti karir. Pada 28 Februari 2005, SF Hariyanto ditunjuk sebagai Kepala Seksi di Dinas Pekerjaan Umum Riau. Tiga tahun berselang, SF Hariyanto kembali diangkat menjadi Kepala Sub di Dinas Pekerjaan Umum Riau.

Selanjutnya, SF Hariyanto dipromosikan sebagai Kepala Balai Laboratorium di Dinas Pekerjaan Umum Riau.

Pada tahun 2008, SF Hariyanto menjabat sebagai Kepala Bidang Bina Marga di Dinas Pekerjaan Umum Riau. Dua tahun kemudian, yakni tahun 2010 hingga 2014, posisi SF Hariyanto naik menjadi Kepala Dinas PUPR Riau.

Di tahun 2014 hingga 2015, SF Hariyanto menjadi Staf Ahli Gubernur Riau Bidang Infrastruktur. Lalu ditahun 2015 hingga 2016, SF Hariyanto dipercaya sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah Riau.

1,5 tahun berlalu, SF Hariyanto berpindah ke Kementerian PUPR. Disana, dia menjadi Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri.

Dari Kementerian, SF Hariyanto ditunjuk sebagai Sekdaprov Riau, hingga akhirnya dia dilantik menjadi Pj Gubernur Riau hari ini.

Baca Juga: Dugaan Korupsi KUR, 2 Eks Pegawai BNI di Riau Jadi Tersangka

2. SF Hariyanto pernah diperiksa KPK terkait istri dan anaknya yang gemar flexing

SF Hariyanto Resmi Pj Gubernur Riau, Ini Perjalanan KariernyaIlustrasi orang pamer (unsplash.com/freestocks)

SF Hariyanto saat menjabat Sekdaprov Riau, pernah viral di media sosial. Bahkan dia dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena ulah istri dan anaknya.

Adapun kasusnya, sang istri dan anak gemar flexing di media sosial. Mulai dari pamer barang-barang merk ternama, jalan-jalan keluar negeri, hingga merayakan ulang tahun anaknya di hotel bintang lima di Ibukota Jakarta.

SF Hariyanto memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (6/4/2023).

SF Hariyanto dipanggil dalam rangka klarifikasi terkait asal usul harta yang dimilikinya saat ini. Proses klarifikasi itu, dilakukan oleh tim Direktorat Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). 

Pasca dirinya viral di media sosial, SF Hariyanto menjelaskan bahwa tas-tas merk ternama yang dipakai istrinya adalah barang tiruan atau palsu alias KW. Selanjutnya mengenai jalan-jalan ke luar negeri, SF Hariyanto mengatakan bahwa istrinya membeli tiket pesawat promo. Bahkan sang istri pun tidur di lantai hotel. Padahal, dari jejak digital, foto sang istri terlihat duduk di kursi pesawat kelas bisnis.

Mengenai sepeda lipat merk Brompton yang digunakan istrinya, SF Hariyanto menjelaskan bahwa sepeda tersebut nyicil alias kredit. Diketahui, sepeda yang berasal dari Negara Inggris itu, berharga puluhan hingga ratusan juta.

Tidak sampai disitu, SF Hariyanto juga menanggapi mengenai pesta ulang tahun anaknya yang ke 17 tahun. Dimana, pesta tersebut diadakan di sebuah hotel bintang lima ternama di Ibukota Jakarta, yakni Ritz Carlton. Terkait hal ini, SF Hariyanto mengatakan bahwa pesta ulang tahun anaknya itu diadakan disebuah toko yang bernama Ritz Carlton.

Dengan adanya statement tersebut, SF Hariyanto seolah-olah dibullly oleh netizen di media sosial. Netizen menganggap, statement SF Hariyanto mengenai tas KW, tidur di lantai hotel, sepeda Brompton kredit dan toko Ritz Carlton, adalah pembodohan.

Bahkan, pengacara kondang Hotman Paris sampai menanggapi statement SF Hariyanto di akun media sosialnya. Yang mana, Hotman Paris mengatakan, 'aduh aku jadi bodoh nih? Dimana ada toko ruko Ritz Carlton di Jakarta?', tanyanya sambil memperlihatkan video SF Hariyanto.

Dalam laman e-LHKPN KPK, SF Hariyanto teranyar melapor pada 11 Maret 2022, untuk laporan tahun periodik 2021. Total hartanya Rp 9.724.258.000.

3. Sang istri diyakini menjadi anggota DPRD Riau

SF Hariyanto Resmi Pj Gubernur Riau, Ini Perjalanan KariernyaAdrias, istri SF Hariyanto diyakini akan duduk di DPRD Riau (IDN Times/ IG dwpprovinsiriau)

SF Hariyanto memiliki seorang istri bernama Adrias, yang maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPRD Riau dari Dapil Riau 2. Adrias maju sebagai wakil rakyat mengunakan perahu PKB dengan nomor urut 1.

Dimana, berdasarkan real count sementara di https://pemilu2024.kpu.go.id/pilegdprd_prov/hitung-suara/dapil/14/140002, suara Adrias paling banyak dengan jumlah 7.366.

Suara Adrias jauh diatas kompetitornya. Suara terbanyak sementara nomor dua, diisi oleh Samsuardi Bombom, dengan jumlah 3.485.

Dengan perbedaan suara yang cukup jauh itu, Adrias diyakini akan duduk di DPRD Riau.

Baca Juga: 13 Tahun Buron, Mantan Kadiv Regional Bulog Riau Ditangkap di Jatim

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya