Seorang Pencari Sagu di Riau Diserang Harimau Sumatra 

Tangan korban luka cakar dan gigitan

Siak, IDN Times - Konflik antara manusia dengan Harimau Sumatra kembali terjadi di Provinsi Riau, tepatnya di Kabupaten Siak. Kali ini, seorang pencari sagu bernama Effendi diduga diterkam oleh 'si belang' tersebut.

Beruntung, pria 32 tahun itu selamat dari terkaman hewan buas tersebut. Namun, tangan kanannya mengalami luka yang parah, akibat menangkis terkaman Harimau Sumatra tersebut.

Peristiwa tersebut dibenarkan Kapolsek Sungai Apit AKP Rinaldi saat dikonfirmasi, Senin (18/3/2024). 

"Benar, lokasi kejadian sekitar 1,5 KM dari Dusun Sungai Mungkal, Kampung Adat Penyengat, Kecamatan Sungai Apit. Kejadiannya hari Minggu (17/3/2024) malam sekira pukul 21.10 WIB," ujarnya. 

Dijelaskan AKP Rinaldi, dari keterangan saksi mata, saat kejadian korban bersama 3 temannya. Mereka saat itu sedang beristirahat.

"Korban saat itu di sebuah pondok yang hanya terbuat dari terpal. Lagi beristirahat saat itu dia," jelasnya.

Saat ini, dilanjutkannya, Effendi telah kembali ke kampungnya, di Desa Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Korban sudah pulang ke kampungnya. Kondisinya, tangan mengalami luka cakar dan gigitan harimau. Korban selamat," lanjutnya.

1. Korban sebut seekor Harimau Sumatra

Seorang Pencari Sagu di Riau Diserang Harimau Sumatra Ilustrasi harimau sumatra. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Diterangkannya, menurut pengakuan korban, saat kejadian malam itu, dia hanya melihat seekor Harimau Sumatra.

"Pengakuan korban cuma seekor," terangnya.

Meskipun begitu, AKP Rinaldi belum bisa memastikan, apakah individu Harimau Sumatra tersebut, sama dengan beberapa waktu lalu yang masuk ke dalam rumah warga dan menyerang balita.

"Kami belum bisa memastikan, ini individu yang sama atau berbeda dengan yang menyerang balita beberapa waktu lalu," jawabnya.

Dikatakannya, pada saat kejadian, korban bisa selamat karena langsung berteriak meminta tolong.

"Karena banyak yang datang, harimau itu kabur ke dalam hutan," katanya.

Baca Juga: Riau Siaga Darurat Karhutla, Gubernur Minta Bantuan Helikopter

2. Polisi terus berkomunikasi dengan BBKSDA Riau

Seorang Pencari Sagu di Riau Diserang Harimau Sumatra Pihak BBKSDA Riau bersama kepolisian dan TNI menghimbau dan mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dengan Harimau Sumatra di Kabupaten Siak (IDN Times/ Fanny Rizano)

Dengan kembali terjadinya konflik antara manusia dengan Harimau Sumatra di Kabupaten Siak, AKP Rinaldi mengatakan bahwa pihaknya terus intens berkomuniaksi dengan BBKSDA Riau. Selanjutnya, tim dari BBKSDA Riau juga sudah beberapa kali datang memasang kamera trap dan juga kandang jebakan sudah berada lokasi kejadian.

"Kami juga sudah memasang spanduk imbauan dan juga tiada henti mengingatkan masyarakat. Lokasi kejadian kali ini berbeda dari yang menyerang anak-anak itu. Karena di lokasi tersebut agak jauh dari permukiman," jelasnya.

3. Ini sejumlah peristiwa Harimau Sumatra di Siak

Seorang Pencari Sagu di Riau Diserang Harimau Sumatra Gajah atau Harimau yang Akan Menang (pexels.com/Mehmet Turgut Kirkgoz)

Diketahui, sebelum peristiwa diatas, sudah ada beberapa kejadian penampakan Harimau Sumatra di Kabupaten Siak. Terbaru, dua ekor Harimau Sumatra terekan CCTV bangunan kayu milik warga, yang sedang mengejar anjing. Rekaman itu viral di media sosial Instagram.

Dalam video itu terlihat awalnya dua ekor Harimau Sumatra secara bergantian lewat dibawah CCTv tersebut. Kemudian, terlihat juga sejumlah anjing yang kemudian dikejar oleh hewan buas tersebut.

Disaat bersamaan, terdengar gonggongan anjing dan auman harimau. Kemudian harimau terlihat pergi dengan membawa tubuh anjing dimulutnya.

Dalam video itu dijelaskan bahwa peristiwa itu terjadi di pemukiman pekerja, di Sungai Sialang, Dusun III Sungai Mungkal, Kampung Penyengat, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Tak hanya itu dijelaskan juga bahwa pada Minggu (10/3/2024) ada 2 video yang beredar dengan durasi 43 detik dan 23 detik. Kedua video itu merekam aksi harimau memangsa anjing.

Lebih lanjut, dalam narasi itu dijelaskan agar warga yang berada di sekitar lokasi selalu waspada. Tak hanya itu, video kali ini menunjukkan 'si belang' lebih dari satu ekor dan di antaranya ada yang menerkam anjing milik warga di sebuah bangunan kayu.

Sontak, video yang merekam detik-detik mencekam itu mendapat beragam komentar dari warganet. Rata-rata komentar warganet merasa prihatin dengan kejadian itu.

Seperti yang ditulis @mizzalice12, "tolong warga Siak yang punya peliharaan seperti kucing dan anjing bawa masuk kedalam rumah. Kasian kucing-kucing liar disana. Harap pemerintah segera solusinya untuk harimaunya dan warga Siak," tulisnya.

Sebelumnya, pada Selasa (20/2/2024) malam di Dusun 3 Sungai Mungkal, Kampung Penyengat, Kabupaten Siak, seekor Harimau Sumatra masuk ke dalam rumah warga dan nyaris memangsa balita berumur 2 tahun 6 bulan.

Tidak sampai disitu, Harimau sumatra juga berulah di Dusun 3 Kampung Paluh, Kecamatan Mempura. Di kampung tersebut, 'si belang' memangsa seekor sapi betina. 

Baca Juga: Vonis Penjual Kulit Harimau Berkurang  1 Tahun dari Tuntutan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya