Pakai Baju Melayu ke KPU, Paslon Suwai Resmi Daftar Pilgub Riau 

Ada musik tradisional, silat, serta Barongsai dan Reog

Pekanbaru, IDN Times - Syamsuar dan Mawardi Muhammad Saleh resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Selasa (27/8/2024). Keduanya mendaftar sebagai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

Pasangan calon dengan akronim 'Suwai' itu, menjadi yang pertama mendaftar ke KPU Provinsi Riau.

Dalam pantauan, pasangan calon 'Suwai' itu tiba di KPU Provinsi Riau pada pukul 13.30 WIB beserta rombongan yang perkirakan mencapai 1000. Kedatangan Syamsuar dan Mawardi diiringi sorak-sorai dari simpatisan dan pendukungnya.

Keduanya tampak mengenakan pakaian baju adat melayu berwarna putih dengan sentuhan songket. Mereka diiringi oleh tabuhan musik tradisional, disambut dengan pertunjukan silat, serta kesenian Barongsai dan Reog Ponorogo.

1. Berkomitmen dan mengikuti aturan

Pakai Baju Melayu ke KPU, Paslon Suwai Resmi Daftar Pilgub Riau Ketua tim pemenangan Syamsuar-Mawardi saat menyerahkan berkas pendaftaran calon Gubernur Riau (IDN Times/ Fanny Rizano)

Ketua tim pemenangan 'Suwai' Syahrul Aidi Maazat mengatakan, pihak bersama koalisi dan pasangan calon, sudah menyiapkan semua berkas dan memenuhi persyaratan KPU Provinsi Riau untuk bertarung di Pemilihan Gubernur Riau 2024. Koalisi Suwai berkomitmen, akan mengikuti Pilkada sesuai aturan dan etika yang ditetapkan KPU dan Bawaslu Riau.

"Kami berkomitmen mengikuti Pilkada dan mengikuti aturan yang diawasi oleh KPU dan Bawaslu," katanya.

2. KPU sebut berkas 'Suwai' lengkap

Pakai Baju Melayu ke KPU, Paslon Suwai Resmi Daftar Pilgub Riau Ketua KPU Provinsi Riau Rusidi Rusdan (baju hitam duduk) (IDN Times/ Fanny Rizano)

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Riau Rusidi Rusdan menyebut, berkas pasangan calon Syamsuar-Mawardi diterima pihaknya karena sudah lengkap. Atas hal itu, pihaknya akan melakukan pemeriksaan lanjutan sambil menunggu kelengkapan berkas lainnya, seperti surat keterangan sehat.

"Kami melakukan pengecekan persyaratan sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 8, seperti Surat Pencalonan dari Partai Politik, SK DPP Parpol dan Pengurus DPD Parpol yang mengusung serta berkas-berkas terkait calon pemilihan Gubernur Riau. Kami sudah memeriksa berkas yang dimaksud, dan dengan ini kami terima pendaftaran pasangan calon Syamsuar-Mawardi," sebut Rusidi Rusdan.

3. Ucapkan terima kasih dan mohon doa restu

Pakai Baju Melayu ke KPU, Paslon Suwai Resmi Daftar Pilgub Riau Calon Gubernur Riau Syamsuar (tengah) (IDN Times/ Fanny Rizano)

Disisi lain, Syamsuar usai menyerahkan berkas pendaftarannya, mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukungnya untuk kembali menduduki kursi satu Bumi Lancang Kuning. 

"Alhamdulillah semua berkas sudah sesuai dan diterima. Karena kami juga sudah mengikuti semua persyaratan KPU dan Bawaslu Riau. Berkas-berkas itu juga dari semalam sampai pagi ini saya periksa sebelum ke KPU," ucap mantan Gubernur Riau itu.

"Selanjutnya, besok kami melakukan pemeriksaan kesehatan, mohon doa restu," sambung Syamsuar yang juga merupakan Ketua DPD Tingkat I Golkar Provinsi Riau.

Baca Juga: Sering Protes Edy, Kini Partai Buruh Berikan Dukungan untuk Pilgub

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya