Mantan Kadiskes Kampar Gugat Polda Riau Rp15 Miliar

Ganti kerugian dan perbaiki nama baik dr Zulhendra Das'at

Pekanbaru, IDN Times - Polda Riau akan digugat oleh mantan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar, Provinsi Riau, dr Zulhendra Das'at. Gugatan itu terkait dengan ganti rugi dan memperbaiki nama baik mantan Kadiskes Pemkab Kampar tersebut.

"Terkait penahanan 120 hari klien kami (dr Zulhendra Das'at), kami akan ajukan gugatan ke Polda Riau terkait ganti kerugian. Polda riau harus bertanggung jawab atas perampasan hak asasi klien kami," ucap kuasa hukum dr Zulhendra Das'at, Mevrizal, Senin (3/6/2024).

Lebih lanjut diterangkan Mevrizal, gugatan tersebut dalam bentuk nominal uang dan termasuk memperbaiki nama baik dr Zulhendra Das'at.

"Ya dalam bentuk nominal dan termasuk memperbaiki nama baik klien kami," terangnya.

"Kerugian materil dan inmateril kurang lebih Rp15 miliar. Insyaallah minggu depan kami layangkan gugatannya ke Pengadilan Negeri Pekanbaru. Saat ini kami sedang mempersiapkan berkas dan administrasinya," sambung Mevrizal.

Diketahui, dr Zulhendra Das'at sebelumnya berstatus tersangka dalam kasus dugaan korupsi percobaan suap. Ia ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau pada Jumat (12/5/2023). Atas hal itu, pihak kepolisian melakukan penahanan terhadap dr Zulhendra Das'at.

Dalam perjalanannya, berkas perkara dugaan rasuah dr Zulhendra Das'at tak kunjung selesai. Hingga akhirnya, masa penahanan dr Zulhendra Das'at habis dan dibebaskan dari penahanan yang dilakukan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau. Meskipun telah dilepas, dr Zulhendra Das'at masih berstatus tersangka.

Tak terima ditersangkakan oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, dr Zulhendra Das'at melalui kuasa hukumnya mengajukan praperadilan ke Pengadilan Negeri Pekanbaru. Hasilnya, dr Zulhendra Das'at memenangi praperadilan tersebut.

Dalam vonis praperadilan itu, hakim tunggal Daniel Ronald menyatakan, bahwa penetapan tersangka terhadap dr Zulhendra Das'at, tidak sah karena cacat formal.

"Mengabulkan gugatan pemohon (dr Zulhendra Das'at) dan menyatakan penetapan tersangka oleh termohon (Polda Riau) terhadap pemohon tidak sah," kata Daniel Ronald pada sidang putusan yang digelar di Pengadilan Negeri Pekanbaru, Jumat (31/5/2024).

1. Minta Kapolri copot Kapolda Riau

Mantan Kadiskes Kampar Gugat Polda Riau Rp15 Miliarhukumonline.com

Tidak sampai disitu, Mevrizal juga meminta kepada Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo untuk mencopot Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal. Hal tersebut dikarenakan adanya dugaan ketidakprofesionalan dalam menetapkan seseorang sebagai tersangka.

"Yang terpenting Kapolri harus mencopot Kapolda Riau (Irjen Mohammad Iqbal). Karena tidak profesional mengendalikan bawahanya," pinta Mevrizal.

Baca Juga: Diduga Keracunan, 30 Anak SD Negeri di Riau Mual dan Muntah

2. Tuding Polda Riau merekayasa atau mengkondisikan alat bukti

Mantan Kadiskes Kampar Gugat Polda Riau Rp15 MiliarKuasa Hukùm dr Zulhendra Das'at, Mevrizal (IDN Times/ Fanny Rizano)

Dalam kesempatan itu, Mevrizal menuding, Polda Riau diduga telah melakukan rekayasa atau mengkondisikan alat bukti untuk mentersangkakan dr Zulhendra Das'at. Hal ini dikatakannya, adalah cacat formal.

"Alat bukti yang cacat formal tidak bisa digunakan sebagai alat pembuktian. Karena dalam perkara pidana, bukti-bukti harus lebih terang dari pada cahaya (in criminalibus probantiones bedent esse luce clariores)," sebutnya.

"Kita tidak ingin penegakan hukum dilakukan secara melawan hukum. Tidak seorang pun berhak merampas hak asasi manusia termasuk termohon (Polda Riau)," sambungnya.

3. Kombes Pol Nasriadi bungkam

Mantan Kadiskes Kampar Gugat Polda Riau Rp15 MiliarDirektur Reskrimsus Polda Riau Kombes Pol Nasriadi (IDN Times/ Fanny Rizano)

Terpisah, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau Kombes Pol Nasriadi saat dikonfirmasi terkait hal tersebut, belum membalas pesan yang telah disampaikan IDN Times melalui aplikasi WhatsApp.

Adapun pertanyaan yang dilayangkan ke Kombes Pol Nasriadi yakni, terkait dengan sikap penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau atas putusan praperadilan yang memenangkan dr Zulhendra Das'at.

Kemudian pertanyaan lainnya adalah, tanggapan Kombes Pol Nasriadi atas tudingan yang telah merekayasa alat bukti untuk mentersangkakan mantan Kadiskes Kampar itu.

Pertanyaan terakhir, terkait tanggapan Kombes Pol Nasriadi atas gugatan ganti kerugian dan memperbaiki nama baik dr Zulhendra Das'at atas penangkapan dan penahanan.

Baca Juga: Polisi di Riau Gagalkan Penyelundupan 100.000 Baby Lobster

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya