Lifter Muda Asal Riau Bawa Pulang 3 Emas di EGAT King’s Cup Thailand

Menjadi yang terbaik di angkatan snatch, clean and jerk

Pekanbaru, IDN Times - Kevin Andrian Ramadhan berhasil meraih emas dalam kejuaraan angkat besi EGAT King’s Cup 2024 di Thailand. Tak tanggung-tanggung, lifter muda asal Riau itu membawa pulang tiga medali emas. Selain itu, Kevin juga menjadi yang terbaik pada angkatan snatch, clean and jerk, dengan total angkatan 215 Kg .

Kadispora Riau Erisman Yahya saat dikonfirmasi mengaku bangga atas raihan yang dilakukan Kevin. Ia mengungkapkan, prestasi tersebut sangat luar biasa.

"Kami sangat memberikan apresiasi kepada Kevin yang telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional," ujar Erisman, Sabtu (27/4/2024).

1. Kevin merupakan atlet pelapis Pelatnas

Lifter Muda Asal Riau Bawa Pulang 3 Emas di EGAT King’s Cup ThailandKevin saat berhasil mengangkat besi 118 Kg di kejuaraan EGAT King’s Cup 2024 di Thailand (IDN Times/ IG seatodaynews)

Lebih lanjut Erisman katakan, Kevin merupakan atlet pelapis Pelatnas yang disiapkan dalam rangka regenerasi lifter masa depan.

"Kevin atlet muda Riau yang dikirim PB PABSI (Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia) untuk menjadi pelapis Pelatnas. Jadi PB PABSI sudah menyiapkan regenerasi lifter angkat besi untuk masa depan," lanjutnya.

Baca Juga: 856 Atlet Aceh Dipersiapkan untuk PON 2024

2. Berharap banyak atlet asal Riau yang mengikuti kejuaraan internasional

Lifter Muda Asal Riau Bawa Pulang 3 Emas di EGAT King’s Cup ThailandKadispora Riau Erisman Yahya (IDN Times/ IG disporariau)

Ditambahkan Erisman, pihaknya akan terus melakukan kepada atlet junior maupun senior asal disemua cabang olahraga. Bahkan ia berharap, kedepannya banyak atlet asal Riau yang mengikuti kejuaraan internasional

"Sehingga bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional," tambahnya.

3. Kevin sudah ditargetkan meraih medali emas

Lifter Muda Asal Riau Bawa Pulang 3 Emas di EGAT King’s Cup ThailandKevin Andrian Ramadhan (jaket merah), berhasil membawa pulang 3 medali emas di kejuaraan angkat besi EGAT King’s Cup 2024 di Thailand (IDN Times/ dok dispora riau)

Sementara itu, pelatih angkat besi PPLP Riau Hivember Irwandi mengatakan, dalam kejuaraan angkat besi di Thailand tersebut, Indonesia mengirimkan lima orang atlet muda. Selain Kevin, ada nama Satrio Adi Nugroho, Muhamad Ibnul Rizqih, Sarah, dan Indah Afriza.

Terkait dengan Kevin, pihaknya memang sudah menargetkan untuk meraih medali emas.

"Memang Kevin sudah ditargetkan untuk bisa meraih medali (emas)," katanya.

Dilanjutkannya, EGAT King's Cup 2024 sendiri diikuti lima negara di Asia Tenggara. Yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Hong Kong, dan tuan rumah Thailand.

Dimana, dalam kejuaraan angkat besi tersebut, kategori Remaja diikuti 261 lifter, dengan rincian putra 164 orang dan putri 97 orang. Sedangkan kategori Senior, melibatkan 291 lifter. Rinciannya, putra 158 orang dan putri 133 orang.

"Untuk Kevin, dia berhasil menyumbangkan 3 medali emas dengan menjadi yang terbaik pada angkatan snatch 97 Kg, clean and jerk 118 Kg, dengan total angkatan 215 Kg," terangnya. 

Baca Juga: 24 Pemain Perkuat Tim Sepak Bola Putra Aceh pada PON 2024, Ini Namanya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya