Korban Tewas Bencana Banjir Bandang Sumbar Hanyut Sampai ke Riau

Dibenarkan oleh petugas BPBD Sijunjung

Kuantan Singingi, IDN Times - Mayat tanpa identitas yang ditemukan di Sungai Batang Kuantan di Desa Seberang Teluk Hilir, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, akhirnya terkuak. Yang mana, mayat tersebut memang benar merupakan korban bencana banjir bandang yang terbawa arus dari Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

Hal tersebut dibenarkan oleh Kasman, salah seorang petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumbar.

"Iya, kami sudah berkoordinasi dengan tim kesehatan dan kepolisian di Kuansing, bahwa mayat tersebut adalah korban banjir bandang di Agam pada Sabtu (11/5/2024) dinihari kemarin," ujarnya, Selasa (14/5/2024) malam.

Dalam pemberitaan sebelumnya, mayat tanpa identitas itu ditemukan oleh warga pada Selasa pagi. Saat itu, pihak kepolisian setempat menduga, mayat tersebut merupakan korban bencana banjir yang terjadi di Provinsi Sumbar, yang terbawa arus sampai ke Sungai Batang Kuantan.

1. Identitas mayat belum diketahui

Korban Tewas Bencana Banjir Bandang Sumbar Hanyut Sampai ke RiauIlustrasi jenazah (IDN Times/Mia Amalia)

Kasman mengatakan, untuk mayat yang ditemukan di Kuansing, identitasnya belum diketahui. Pihaknya akan melakukan identifikasi terlebih dahulu yang dilakukan oleh tim dokter dan kepolisian di Batu Sangkar, Sumbar.

"Kami belum tahu identitasnya. Kami akan jemput dulu ke Kuansing. Kami sedang berkoordinasi dengan tim dari Padang. Kemungkinan akan dijemput oleh tim kesehatan terdekat seperti dari Puskesmas Kamang Baru, Sijunjung (Sumbar)," kata Kasman.

2. 15 orang belum ditemukan

Korban Tewas Bencana Banjir Bandang Sumbar Hanyut Sampai ke RiauProses pencarian korban (Dok: istimewa)

Lebih lanjut dikatakannya, pada hari Sabtu itu, warga Agam yang terkena banjir bandang, sedang tertidur pulas. Tiba-tiba, banjir bandang datang. Dalam musibah itu, warga yang terseret arus sebanyak 19 orang. Dimana, sampai saat ini baru 4 orang yang ditemukan.

"3 orang ditemukan di Sijunjung (Sumbar) dan 1 orang Kuansing (Riau). Sedangkan 15 orang lainnya belum ditemukan," katanya.

3. Kemungkinan besar korban lainnya melewati Sungai Kuantan

Korban Tewas Bencana Banjir Bandang Sumbar Hanyut Sampai ke RiauSungai Kuantan di Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau (IDN Times/ IG hanya.pelancong)

Ditambahkan Kasman, pihaknya telah meminta bantuan kepada BPBD Kuansing dan warga, untuk membantu pencarian 15 orang lainnya yang belum ditemukan. Pasalnya, pihaknya berkeyakinan, korban yang belum ditemukan, diduga juga terbawa arus sampai ke Sungai Kuantan.

"Kita akan tetap koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Kuansing. Kami yakin akan ada korban lain yang akan ditemukan di Kuansing," tambahnya.

Baca Juga: Warga Temukan Mayat di Sungai Kuantan Riau, Diduga Korban dari Sumbar

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya