Harga Beras Premium Mahal, Beras SPHP Jadi Incaran Warga Pekanbaru

Harga beras SPHP di Pekanbaru hanyaRp11.500 per Kg

Pekanbaru, IDN Times - Beras Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) kini menjadi incaran masyarakat Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Hal itu karena harganya jauh lebih murah dibandingkan beras lainnya, yang kini harganya sedang meroket.

Harga beras SPHP eceran di Kota Pekanbaru kini Rp11.500 per kilogramnya. Demikian dikatakan Dewi Arwan, pedagang beras di Pasar Cik Puan Kota Pekanbaru.

"Beras SPHP sekarang banyak yang beli, karena harganya lebih murah dibandingkan beras merk lainnya," ucapnya, Jumat (1/3/2024).

1. Pedagang hanya jual maksimal 10 kilogram ke setiap pembeli

Harga Beras Premium Mahal, Beras SPHP Jadi Incaran Warga PekanbaruBeras SPHP di Pasar Cik Puan dijual Rp11.500 per kilogram (IDN Times/ Fanny Rizano)

Lebih lanjut dikatakannya, terhadap beras SPHP tersebut, dirinya menjual kepada setiap pembeli maksimal 10 kilogram.

"Karena banyak yang beli makanya kami pedagang disini membatasinya. Jadi setiap pembeli hanya bisa dapat maksimal 10 kilogram," katanya.

2. Per minggu, beras SPHP masuk 2 ton

Harga Beras Premium Mahal, Beras SPHP Jadi Incaran Warga PekanbaruBeras di gudang Perum Bulog Riau-Kepri (IDN Times/ dok perum bulog riau-kepri)

Sementara itu, pedagang lainnya, Fauzi mengatakan, pasokan beras SPHP yang diterima dari Perum Bulog Riau dan Kepri juga terbatas. Dimana, beras SPHP yang masuk ke Pasar Cik Puan sebanyak dua ton per minggu. Jumlah tersebut dinilai kurang, karena banyaknya warga yang ingin membeli beras tersebut.

"Menurut saya kurang, karena saat ini peminat beras SPHP banyak," katanya.

Menurutnya, keberadaan beras SPHP tersebut, sangat membantu masyarakat. Dimana, beras itu menjadi pilihan alternatif disaat beras merk lain yang harganya sedang melambung.

"(Beras SPHP) sangat membantu masyarakat disini," tuturnya.

3. Harga beras premium Rp18 ribu per kilogram

Harga Beras Premium Mahal, Beras SPHP Jadi Incaran Warga Pekanbaruilustrasi beras (pexels.com/Mari M)

Jauh dari beras SPHP, beras premium di Kota Pekanbaru kini tembus di harga Rp18 ribu per kilogram. Hal ini diketahui dari sebuah warung yang berada di Jalan Tanjung, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru.

"Untuk beras Belida sekarang harganya Rp16 ribu per kilogram. Kalau (beras) Anak Daro Rp18 ribu per kilogram," ucap Laras, pemilik warung tersebut.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya