Geledah Gudang, BPOM Pekanbaru Temukan Ribuan Kosmetik dan Obat-obatan

Turun amankan satu unit truk tronton dan Colt Diesel

Pekanbaru, IDN Times - Sebuah gudang penyimpanan di Jalan Siak II, KM 14, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, digeledah oleh tim gabungan dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru.

Dalam penggeledahan itu, tim menemukan ribuan kardus yang berisi produk kosmetik dan obat-obatan.

"Hasil temuan ini cukup banyak. Produk kosmetik dan obat-obatan tanpa izin edar ini, kami sita sebagai barang bukti," ujar Kepala BPOM Pekanbaru Alex Sander, Rabu (24/4/2024).

Tidak hanya ribuan produk kosmetik dan obat-obatan, BPOM Pekanbaru juga mengamankan satu unit truk tronton dan satu unit colt diesel.

"Ini juga kami amankan, karena kami duga sebagai alat transportasi untuk membawa barang-barang tersebut," tuturnya.

1. Pemilik barang dan gudang tidak ada

Geledah Gudang, BPOM Pekanbaru Temukan Ribuan Kosmetik dan Obat-obatanilustrasi pencarian dan sumber informasi melalui situs web (unsplash.com/Glenn Carstens-Peters)

Lebih lanjut diterangkannya, saat penggeledahan tersebut, pihaknya tidak menemukan satu orang pun di gudang penyimpanan tersebut.

"pemilik barang maupun gudang tidak ada ditempat saat itu. Ini yang sedang kami lakukan pencarian," terangnya.

Baca Juga: Warga Aceh Timur Rugi Rp136,5 Juta Akibat Ditipu Bisnis PSR

2. Lakukan penyelidikan mendalam

Geledah Gudang, BPOM Pekanbaru Temukan Ribuan Kosmetik dan Obat-obatanKepala BPOM Pekanbaru Alex Sander (IDN Times/ IG bpom.pekanbaru)

Terkait dengan temuan tersebut, pihaknya saat ini melakukan penyelidikan mendalam, guna mengetahui siapa yang harus bertanggung jawab atas ribuan kosmetik dan obat-obatan tanpa izin edar tersebut.

"Kami masih melakukan penyelidikan mendalam untuk mengetahui siapa yang harus bertanggung jawab atas tindak kejahatan ini," kata Alex.

3. Gudang sebelumnya tempat penyimpanan semen

Geledah Gudang, BPOM Pekanbaru Temukan Ribuan Kosmetik dan Obat-obatanPihak BPOM Pekanbaru menemukan ribuan produk kosmetik dan obat-obatan tanpa izin edar di dalam sebuah truk tronton (IDN Times/ Fanny Rizano)

Berdasarkan informasi awal yang didapatnya, gudang tersebut sebelumnya tempat penyimpanan semen. Namun, belakangan gudang itu dipakai untuk menyimpan barang ilegal tersebut.

"Diperkirakan, aktivitas ini sudah berlangsung lama. Awalnya gudang ini digunakan sebagai gudang semen. Tapi belakangan berubah menjadi tempat penyimpanan produk kosmetik dan obat-obatan tanpa izin edar," jelas Alex.

Baca Juga: Riau Diprediksi Alami Cuaca Ekstrem Hingga 21 April Mendatang

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya