Datangi Polda Riau, Chicco Jerikho Minta Kematian Gajah Rahman Diusut

Chicco bawa 10 ribu lebih petisi warga 

Pekanbaru, IDN Times - Aktor Chicco Jerikho melakukan audiensi dengan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Senin (25/3/2024). Hal itu terkait dengan kematian gajah yang bernama Rahman beberapa waktu lalu. Dimana, gajah Rahman mati di area konservasi Taman Nasional Tesso Nillo (TNTN).

Usai pertemuannya itu, Chicco saat ditemui awak media mengatakan, kedatangannya ke Polda Riau dalam rangka meminta agar pihak kepolisian mengusut tuntas kematian gajah Rahman.

"Kami sudah menghadap langsung ke Kasubdit IV dan mereka sampai sekarang masih ditahap penyidikan investigasi. Makin ke sini makin tergambar dan terarah," terangnya kepada awak media.

Dalam pemberitaan sebelumnya, gajah Rahman yang merupakan binaan Balai TNTN, ditemukan mati, Rabu (10/1/2024). Diduga, gajah Rahman dibunuh untuk diambil gadingnya.

Kepala TNTN Heru Sutmantoro saat itu  menjelaskan, kematian gajah jantan bernama Rahman tersebut pertama kali diketahui oleh sang mahout Jumadi.

"Setelah didekati, gajah Rahman ditemukan dalam kondisi tergeletak lemas dan gading sebelah kiri sudah terpotong dan hilang," jelas Heru.

Disebutkan Heru, berdasarkan kondisi Rahman, diduga kuat gajah berusia 46 tahun tersebut diracun terlebih dahulu sebelum dipotong gadingnya.

Sempat dilakukan upaya penanganan awal sesuai petunjuk dokter hewan BBKSDA Riau dengan memberikan obat pencahar (norit), susu dan gula cair menggunakan selang. Namun naas, gajah Rahman mati sekitar pukul 15.55 WIB.

1. Bawa 10 ribu lebih petisi dari masyarakat

Datangi Polda Riau, Chicco Jerikho Minta Kematian Gajah Rahman DiusutReplika gajah Rahman ditampilkan oleh Komunitas For Gajah Rahman Dalam aksi damai di Car Free Day Kota Pekanbaru (IDN Times/ IG forgajahrahman)

Dalam kesempatan itu, Chicco juga membawa 10 ribu lebih petisi masyarakat yang mendukung penuh Polda Riau untuk mengusut tuntas kematian gajah Rahman.

"Ini sebagai bentuk dukungan dan harapan masyarakat kepada Polda Riau agar mengusut tuntas kematian gajah Rahman," tuturnya.

Baca Juga: 10 Potret Terbaru Chicco Jerikho Pamer Dada Bidang, Kayak Thor!

2. Kenang gajah Rahman

Datangi Polda Riau, Chicco Jerikho Minta Kematian Gajah Rahman DiusutChicco Jerikho memposting fotonya bersama gajah Rahman saat masih hidup di Instagramnya (IDN Times/ IG chicco.jerikho)

Chicco menceritakan, dirinya sempat bermalam di TNTN untuk melihat langsung lokasi gajah Rahman mati. Selain itu, dirinya juga menyempatkan datang ke makam gajah Rahman.

"8 tahun lalu saya bertemu langsung dengan gajah Rahman. Ia gajah yang pintar. Gajah yang digunakan untuk patroli dan menggiring gajah liar serta kegiatan konservasi lainnya. Dia adalah ikon dari gajah konservasi," kenangnya.

3. Chicco berharap kematian gajah Rahman menjadi yang terakhir

Datangi Polda Riau, Chicco Jerikho Minta Kematian Gajah Rahman DiusutChicco Jerikho saat mengunjungi makam gajah Rahman (IDN Times/ IG chicco.jerikho)

Diujung wawancaranya, Chicco berharap, kematian gajah Rahman menjadi yang terakhir.

"Semoga kematian gajah Rahman menjadi contoh dan tidak ada lagi Rahman lainnya," ucapnya.

"Ini menjadi pukulan, apalagi gajah Rahman mati di wilayah yang seharusnya tempat yang aman baginya," tambahnya.

Baca Juga: Harimau Jawa Diduga Belum Punah, Bulunya Ditemukan di Sukabumi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya