Ada Investor China, Riau Bakal Punya Jembatan Terpanjang di Indonesia

Menghubungkan Pulau Bengkalis dengan daratan

Pekanbaru, IDN Times - Provinsi Riau akan memiliki jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan yang dimaksud adalah, penghubung Pulau Bengkalis ke Sungai Pakning Bukit Batu (daratan Pulau Sumatra) di Kabupaten Bengkalis.

Pembangunan jembatan tersebut nantinya akan didesain istimewa dengan sistem buka tutup seperti diluar negeri. Jembatan itu nantinya sepanjang 6,1 kilometer.

"Alhamdulillah, calon investor pembangunan Jembatan Pulau Bengkalis ke Sungai Pakning Bukit Batu sepanjang 6,1 km sudah dapat. Semoga mimpi pengembangan infrastruktur fenomenal itu dapat terealisasi seperti yang kita harapkan," kata Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto, Selasa (19/3/2024).

1. Calon investor merupakan BUMN Cina

Ada Investor China, Riau Bakal Punya Jembatan Terpanjang di Indonesiailustrasi investor (IDN Times/Aditya Pratama)

Lebih lanjut dikatakan SF Hariyanto, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan calon investor yang akan mengerjakan proyek megah itu. Adapun calon investornya, merupakan sejenis Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Cina. 

"Investor BUMN Cina. Saya bersama Sekda (Sekretaris Daerah) Kabupaten Bengkalis sudah menerima kunjungan calon investor itu hari Minggu (17/3/2024). Mereka (Investor) sudah banyak membangun infrastruktur di Indonesia. Jadi nanti mereka memamparkan komitmen mereka, mereka yang akan mengerjakan pembangunan jembatan itu sampai selesai," ujarnya.

Diketahui, BUMN Cina itu adalah China State Comstruction Engineering Corporation (CSCEC).

2. Ini track record CSCEC

Ada Investor China, Riau Bakal Punya Jembatan Terpanjang di Indonesiailustrasi investasi (Pexels.com/Liza Summer)

Berdasarkan data yang diterima, ini sejumlah megaproyek yang dikerjakan oleh CSCEC.

-. Shanghai World Financial Center, Shanghai.

-. Kedutaan Besar Malaysia, Beijing.

-. Bandar Udara Internasional Baiyun Guangzhou, Guangzhou.

-. Nanyang Technological University, Singapura.

-. Jembatan Rama, Bangkok, Thailand.

-. Menara Federation, Moscow.

-. Stadium Jinnah, Islamabad, Pakistan.

-. Cairo International Conference Center, Mesir.

-. Burj Doha, Qatar.

-. Trump International Golf Club, Dubai.

-. Jalan Raya Bebas Hambatan, Argentina.

-. Renovasi Jembatan Alexander Hamilton, New York, Amerika Serikat.

3. Pemprov akan urus izin ke pusat

Ada Investor China, Riau Bakal Punya Jembatan Terpanjang di IndonesiaMenteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam Media Briefing di Kemenko Perekonomian, Jumat (8/3/2024). (IDN Times/Triyan)

Diterangkan SF Hariyanto, sebelum jembatan tersebut dikerjakan, pihaknya terlebih dahulu akan mengurus izin ke Pemerintah Pusat, yakni ke Kemenko Perekonomian. Hal itu dilakukan agar pembangunan tersebut menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Dimana, pengembangan infrastruktur tersebut, nantinya akan melibatkan sharing program. Adapun pola yang digunakan yakni, pengembangan pola ruas jalan ke Bengkalis tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Untuk ruas jalan ke Bukit Batu, tanggung jawab Pemerintah Provinsi Riau. Sedangkan fisik jembatannya, dibangun oleh BUMN Cina itu.

"Harapan kita jembatan ini dibangun secepat mungkin. Tapi kita harus ikuti aturan yang ada. Karena kita berharap bisa dapat izin PSN. Nanti semua pendanaan pembangunan dari investor. Tapi berapa anggaran yang dibutuhkan, mereka sedang hitung. Karena kita sedang menyiapkan FS (Feasibility Study) dan DED-nya (Detail Engineering Design). Yang penting sudah ada peminatnya," terangnya.

Baca Juga: Riau Siaga Darurat Karhutla, Gubernur Minta Bantuan Helikopter

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya