Unik! TPS di Deli Serdang Pakai Konsep ala Pesta Ulang Tahun

#GenZMemilih Beri permen dan pantun usai peserta mencoblos

Deli Serdang, IDN Times - Menyambut Pemilu 2024, ada banyak sekali gagasan kreatif yang tersaji. Salah satunya adalah tindak kreatif anggota KPPS dalam mendekor TPS-nya. 

Salah satu momen unik tersaji di Desa Bangun Sari Baru, Kecamatan Tanjung Morawa, tepatnya di TPS 023, Rabu (14/02/2024). Di sini, para anggota KPPS mendekor TPS mereka ala-ala pesta ulang tahun.

1. Gagas konsep ala ulang tahun di TPS untuk menarik minat peserta Pemilu 2024

Unik! TPS di Deli Serdang Pakai Konsep ala Pesta Ulang TahunBanyak balon dan pernak-pernik ulang tahun di salah satu TPS Tanjung Morawa (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Salah satu anggota KPPS, Rezkya Maharani, mengatakan jika konsep tersebut dengan sengaja mereka gagas dan menghadirkan detail-detail layaknya pesta ulang tahun.

"Sehari sebelum pencoblosan, kami berembuk untuk berinisiatif mendekor TPS. Akhirnya kami sepakat untuk angkat tema ulang tahun yang tentu identik dengan warna-warni keceriaan dan hadiah ulang tahun," ujarnya.

Mata peserta pemilu akan tergugah saat mereka sampai di TPS 023. Bagaimana tidak, TPS yang biasanya tak memiliki dekor yang spesial namun kali ini disajikan dengan konsep yang nyentrik dengan banyak sekali balon yang menghiasi.

"Tujuan kami membuatnya agar orang-orang ini lebih tertarik dan semangat untuk datang. Kami ingin membangkitkan daya tarik yang seru dan fun. Bahkan dengan adanya TPS yang didekor memakai konsep ulang tahun, tak menutup kemungkinan para peserta pemilu akan mengajak anak dan tetangganya untuk ramai-ramai datang ke TPS," kata Rezkya.

Baca Juga: OTT Tim Sukses Caleg Sibolga, Bawaslu: Pelaku Bisa Dipenjara 4 Tahun

2. Beri permen dan pantun untuk masyarakat yang selesai mencoblos

Unik! TPS di Deli Serdang Pakai Konsep ala Pesta Ulang TahunTPS 023 di Desa Bangun Sari Baru beri para pencoblos permen dan pantun menarik (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Rezkya menerangkan jika konsep dekorasi ulang tahun untuk TPS telah mereka sepakati lewat rapat internal anggota KPPS. Tim yang didominasi anak muda itu mendekornya sendiri dengan memanfaatkan dana operasional.

"Kami memakai dana operasional yang telah disediakan. Yang kami terima bersihnya itu sekitar Rp4,1 juta setelah dipotong pajak. Untuk biaya dekor dan pernak-pernik lain tak banyak, cuma ratusan ribu lah," akunya.

Tak hanya dekorasi ala ulang tahun saja, tim KPPS membuat gagasan yang nyentrik lain. Jika di ulang tahun identik dengan kado, maka mereka sengaja menyiapkan hadiah yang tak kalah unik.

"Setelah selesai memilih, pemilihnya ini kami kasih permen sebagai ucapan terima kasih karena sudah datang di TPS dan menggunakan hak suaranya," ucap gadis berusia 23 tahun ini.

Permen yang mereka beri kepada peserta pemilu adalah permen jenis lolipop berwarna merah. Tak lupa di bungkus permen tersebut mereka selipkan pantun. Seperti "Ke Bekasi beli PS, Terima kasih sudah datang di TPS" hingga "Ke Bekasi beli kaos, makasih udah mau nyoblos"

"Kami memberikan permen sesuai dengan DPT kami, ada sekitar 284. Kami genapkan permennya sekitar 300," jelas Rezkya.

3. Hadirkan atmosfer pemilu riang gembira

Unik! TPS di Deli Serdang Pakai Konsep ala Pesta Ulang TahunTim KPPS di TPS 023 Desa Bangun Sari Baru (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Rezkya berharap jika pemilu tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan damai. Para peserta pemilu juga diharapkannya bisa menggunakan hak suaranya yang mana momentum pemilu disebutnya sangat berpengaruh bagi jalannya suatu negara 5 tahun ke depan.

"Besar harapan kami pada DPT 284 supaya datang semuanya dan memilih calon Presiden yang sesuai hati nuraninya masing-masing," tuturnya.

Tim KPPS di TPS 023 yang telah mendekor TPS sampai malam hari itu berharap bahwa mereka setidaknya dapat membantu meningkatkan animo peserta untuk memilih.

"Sesuai dengan tema pemilu tahun ini yaitu politik riang gembira, jadi harapannya biar pemilih yang datang juga merasa riang gembira melihat balon warna-warni memanjakan mata," jelasnya.

Dapat memantik gairah peserta pemilu dalam memilih merupakan misi tim KPPS 023. Konsep TPS yang nyentrik bagi mereka bukan hanya hiburan semata, namun dalam segi fungsi dapat menarik perhatian peserta pemilu untuk datang dan menggunakan hak pilihnya.

"Konsep yang eyecatching kami pikir bisa meningkatkan minat para pemilih pemula untuk hadir ke TPS, serta mengedukasi secara tidak langsung bahwa politik itu tidak semembosankan itu, dan bukan hanya urusan bapak-bapak atau ibu-ibu saja, namun generasi muda juga harus mengambil peran dengan caranya sendiri," pungkasnya.

Baca Juga: Bobby dan Kahiyang akan Mencoblos di TPS 34 Komplek Tasbih I Medan

Eko Agus Herianto Photo Community Writer Eko Agus Herianto

Bagian dari IDN Times regional Sumut, menggemari dunia kesusastraan dan kesenian.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Izza Namira
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya