Liga Debat IDN Times Hari Ini: Itenas vs ITB dan Unram vs Itera

Derby Bandung dan pertarungan kampus luar Jawa

Medan, IDN Times- Liga Debat Mahasiswa 2024 yang digelar IDN Times dan didukung Pertamina memasuki hari kedua, Rabu (22/5/2024). Duel seru yang bisa dilabeli derby Kota Bandung akan menyajikan pertarungan Institut Teknologi Nasional (Itenas) versus Institut Teknologi Bandung (ITB) pada penyisihan pukul 14.00 WIB.

Kemudian penyisihan pukul 16.00 WIB menyajikan adu gagasan antara dua kampus luar Pulau Jawa yakni Universitas Mataram (Unram) versus Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung. Mereka masih akan beradu argumen dengan tema “Pemanasan Global Gaya Hidup Gen Z Berubah, Kamu Pro atau Kontra?"

Seperti apa persiapan mereka?

1. Itenas sudah menyiapkan komposisi terbaiknya untuk menghadapi ITB

Liga Debat IDN Times Hari Ini: Itenas vs ITB dan Unram vs IteraLiga Debat Mahasiswa dalam rangka HUT ke-10 IDN Times

Buky Ahmad selaku Kepala Kemahasiswaan Itenas mengatakan tim debat Itenas sudah memersiapkan secara matang. Meski persiapan singkat.

"Kalau debat nanti siang persiapan anak-anaknya sudah siap. Nanti siang sudah mulai disimpan di satu ruangan di Itenas," kata Buky kepada IDN Times, Rabu (22/5/2024).

Itera akan menurunkan Amalina Vashti R. Kamilah selaku ketua tim, Rainova Rahaniawan, dan Natasyah Gabriella Br Hutapea. Menariknya ketiganya dari jurusan yang berbeda.

Menurutnya para mahasiswa yang ikut sudah pernah ikut lomba debat meskipun masih internal. "Kebetulan Ttenas mengadain lomba internal untuk lomba debat kemendikbud KDMI. Kalau untuk dari anak-anaknya sendiri mereka sangat optimis yakin bisa memberikan yang terbaik menghadapi ITB," jelas Buky.

Sementara ITB akan menurunkan Ahza Asadel Hananda Putra, Krisna Nur Wahidin, dan
Elvina Fidela.

 

Baca Juga: 12 Kampus Bersaing di Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN Times

2. Pengalaman jadi modal Itera hadapi Unram

Liga Debat IDN Times Hari Ini: Itenas vs ITB dan Unram vs IteraHasil pengundian tim peserta Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN Times. (Dok. IDN Times)

Sementara itu pembina tim debat Itera Doni Alfaruqy mengatakan Itera juga siap untuk bertarung dalam debat nanti. Segala persiapan sudah dilakukan.

"Kami sudah latihan mulai dari bahas mosi, pembagian kerja dan argumen pengayaan topik," kata Doni.

Itera diperkuat Ahmad Rizky, Ferry Setiawan, dan Wahyu Wibowo Ginting. "Kalau soal pengalaman, Alhamdulillah beberapa tahun terakhir kita ikut lomba debat yang diadakan Kemendikbudristek. Waktu itu prestasi terbaik kami lolos nasional. Tapi karena ini formatnya baru, jadi kami beradaptasi. Kami optimis lolos," kata Doni.

Sementara Universitas Mataram untuk debat nanti akan menurunkan Yusron Ashalirrohman, Nelly Liswana dan Fathira Hilmi Aulia.

 

3. Sebelumnya UIN Syarif Hidayatullah dan Telkom University Bandung ke perempat final

Liga Debat IDN Times Hari Ini: Itenas vs ITB dan Unram vs IteraTim UIN Syarif Hidayatullah pada Liga Debat Mahasiswa IDN Times (IDN Times)

Sebelumnya kompetisi debat yang didukung Pertamina ini telah kick off pada Selasa (21/5/2024) yang meloloskan UIN Syarif Hidayatullah dan Telkom University Bandung ke perempat final. UIN menyingkirkan Universitas Diponegoro. Sementara Telkom mengungguli Institut Teknologi 10 November (ITS). Tiket perempat final terakhir diperebutkan Universitas Mataram dan Itera yang digelar di hari yang sama.

Liga Debat Mahasiswa 2024 ini diikuti 12 kampus dari berbagai daerah di Indonesia. Kompetisi ini digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 IDN Times, yang diperingati pada 8 Juni 2024.

Kompetisi bakal berlangsung dari penyisihan mulai 21 Mei hingga babak final 6 Juni 2024. Kompetisi digelar untuk mengasah nalar kritis dan keterampilan berpendapat mahasiswa di kalangan Generasi Z, sesuai audience IDN Times.

Satu tim beranggotakan tiga hingga lima orang. Peserta Liga Debat Mahasiswa 2024, antara lain: Institut Pertanian Bogor (IPB), Telkom University, Univesitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), UIN Syarif Hidayatullah. Berikutnya, Institut Teknologi Nasional, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Mataram, Universitas Negeri Medan, dan Institut Teknologi Bandung.

Babak penyisihan dan perempat final digelar 21-27 Mei 2024, dilanjutkan dengan semi final pada 28-29 Mei 2024. Babak penyisihan hingga semi final digelar daring melalui Zoom. Babak final digelar luring di Kantor IDN Media di Jakarta, 6 Juni 2024.

Panitia menyiapkan hadiah uang tunai puluhan juta untuk pemenang. Juara pertama mendapatkan Rp10 juta dan sertifikat, juara kedua Rp8 juta dan sertifikat, juara ketiga Rp6 juta dan sertifikat, dan juara keempat Rp4 juta dan sertifikat.

 

Baca Juga: UIN Syarif Hidayatullah dan Telkom ke Perempat Final Debat Mahasiswa

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya