Comscore Tracker

KPU Sudah Coret Nama 101 WNA yang Masuk DPT Pemilu 2019

Mereka tersebar di 17 provinsi

Bantul, IDN Times - Kabar tak sedap menerpa Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa hari lalu. Yakni terkait adanya seratusan nama Warga Negara Asing (WNA) yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2019.

Mencegah isu ini terus bergulir, Komisioner KPU, Ilham Saputra mengatakan KPU telah mencoret 101 nama WNA yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

‎"Sudah kita coret sebanyak 101 nama WNA yang masuk dalam DPT," katanya di sela acara Simulasi Nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 di Lapangang pikiran obyek wisata Gua Selarong, Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Sabtu (9/3).

1. Jika masih ditemukan WNA masuk DPT akan dicoret‎

KPU Sudah Coret Nama 101 WNA yang Masuk DPT Pemilu 2019IDN Times/Daruwaskita

Menurutnya masuknya nama WNA ke DPT tidak perlu dicari siapa yang salah sehingga menjadi permasalahan karena adal hal-hal yang tidak perlu ditarik kembali kebelakang. "Yang pasti jika ditemukan lagi ada WNA masuk DPT maka akan dicoret kembali,"ujarnya.

Baca Juga: KPUD Bantul akan Coret Nama WNA yang Masuk DPT Pemilu 2019

2. WNA masuk DPT tersebar di 17 provinsi

KPU Sudah Coret Nama 101 WNA yang Masuk DPT Pemilu 2019IDN Times/Daruwaskita

‎Menurutnya nama-nama WNA yang masuk DPT tersebar di 17 provinsi dan setiap provinsi bervariasi dari satu WNA hingga tujuh WNA yang namanya masuk dalam DPT.

"WNA yang masuk DPT ada yang sudah menikah, bekerja dan yang lainnya," ujarnya.

3. KPU DI Yogyakarta temukan 10 WNA masuk DPT‎

KPU Sudah Coret Nama 101 WNA yang Masuk DPT Pemilu 2019IDN Times/Daruwaskita

Sementara Komisioner KPU DI Yogyakarta, Hamdan Kurniawan, mengatakan di DI Yogyakarta setidaknya terdapat 10 WNA yang masuk dalam DPT namun semuanya sudah dicoret. "Semua WNA yang masuk DPT dicoret semua," katanya.

Baca Juga: 16 WNA Diduga Masuk DPT Jatim, Ini Langkah KPU

Topic:

  • Arifin Alamudi

Just For You