UNIQLO UV Protection, Bikin Nyaman Aktivitas di Bawah Paparan Matahari

UPF50+ membuat kulit akan terlindungi 50x lebih lama

Perusahaan ritel global asal Jepang, UNIQLO mulai hari ini menghadirkan instalasi UNIQLO UV Protection di area The Crystal, Senayan City. Koleksi UNIQLO UV Protection sendiri sejak awal telah menjadi perintis pakaian sehari-hari yang melindungi kulit dari paparan sinar UV serta menjadi item esensial masyarakat Indonesia sesuai dengan iklim tropis di sini.

Lisqia Lalantika, Marketing Manager UNIQLO Indonesia menjelaskan Indonesia terletak di daerah Khatulistiwa yang memiliki indeks sinar UV tinggi sepanjang tahun. Dari data BMKG, indeks sinar UV mulai meningkat mulai pukul 10 pagi. UNIQLO sebagai LifeWear yang dirancang untuk membuat hidup setiap orang menjadi lebih baik, terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan pakaian berkualitas dan juga fungsional.

"Tujuan kami menghadirkan instalasi UV Protection untuk memberikan informasi bagi masyarakat Indonesia, agar semua orang dapat menikmati berbagai momen menyenangkan di bawah sinar matahari dengan tetap merasa nyaman dan terlindungi, dengan menggunakan rangkaian pakaian UV Protection dari UNIQLO,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima IDN Times, Kamis (2/5/2024).

1. Paparan sinar UV dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan efek negatif

UNIQLO UV Protection, Bikin Nyaman Aktivitas di Bawah Paparan MatahariUNIQLO menghadirkan instalasi UNIQLO UV Protection di area The Crystal, Senayan City (Dok. IDN Times)

Pernyataan Lisqia Lalantika diperkuat dengan adanya penjelasan dari dr. Nadia Alaydrus, Dokter dan Beauty Influencer mengenai bahaya sinar UV dan bagaimana melindungi kulit.

Menurutnya paparan sinar UV dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan efek negatif serta risiko terhadap kesehatan kulit, mulai dari sunburn, indikasi penuaan dini, meningkatkan risiko kanker kulit, bahkan sampai merusak mata.

Terlebih di Indonesia yang memiliki intensitas UV yang tinggi, sehingga sangat penting halnya untuk memilih proteksi yang tepat saat berkegiatan di luar ruangan.

"Misalnya menggunakan pakaian dengan fitur proteksi sinar UV, menggunakan aksesori yang bisa menghalau sinar matahari seperti kacamata hitam dan topi, dan jangan lupa untuk re-apply tabir surya secara berkala,“ terangnya.

2. UPF50+ membuat kulit akan terlindungi 50x lebih lama

UNIQLO UV Protection, Bikin Nyaman Aktivitas di Bawah Paparan MatahariUNIQLO menghadirkan instalasi UNIQLO UV Protection di area The Crystal, Senayan City (Dok. IDN Times)

Namun tidak semua pakaian mampu memproteksi kulit dari paparan sinar UV. Diperlukan pakaian dengan fungsi proteksi sinar UV, yang dilengkapi dengan nilai UPF (Ultraviolet Protection Factor).

Rating UPF adalah indeks yang menyatakan tingkat perlindungan suatu pakaian terhadap sinar UV dan berada di rentang angka 15-50+ Indeks tersebut menggambarkan berapa lama kulit akan terlindungi dari matahari saat mengenakan pakaian UV Protection, bila dibandingkan dengan kulit terbuka.

Sebagai contoh, UPF50+ menunjukan kulit akan terlindungi 50x lebih lama daripada kondisi kulit terbuka.

Pakaian UV Protection dari UNIQLO dilengkapi dengan nilai UPF antara 25-50+ yang mampu secara langsung menghalau 90% sinar UV. Kemampuan ini didapat berkat teknologi Double Sun Protection yang berfungsi ganda, yaitu merefleksikan dan menyerap sinar UV agar tidak tembus ke dalam kulit.

3. UNIQLO The Crystal Senayan City akan berikan pengalaman eksperimental

UNIQLO UV Protection, Bikin Nyaman Aktivitas di Bawah Paparan MatahariUNIQLO menghadirkan instalasi UNIQLO UV Protection di area The Crystal, Senayan City (Dok. IDN Times)

Untuk memberikan informasi lebih lanjut serta pengalaman eksperimental kepada pengunjung mengenai pakaian dengan proteksi sinar UV, UNIQLO Indonesia menghadirkan instalasi yang berada di The Crystal, Senayan City. Instalasi ini dibuka untuk umum mulai tanggal 2 hingga 5 Mei 2024.

Pengunjung dapat melakukan eksperimen melalui demo corner yang tersedia. Dengan menggunakan gelang indikator, pengunjung bisa langsung membandingkan kemampuan antara pakaian dengan fitur proteksi sinar UV dengan pakaian tanpa proteksi sinar UV secara langsung dengan alat peraga. Ketika gelang indikator menunjukkan warna ungu, artinya sinar UV masih bisa menembus pakaian, sehingga kulit akan terpapar sinar UV.

Lain halnya ketika menggunakan pakaian UNIQLO UV protection, gelang indikator tetap menunjukkan warna putih, yang berarti pakaian mampu melindungi kulit dan menghalau sinar UV. Di instalasi, pengunjung juga dapat menikmati dan melihat secara langsung serangkaian koleksi UNIQLO UV Protection dan berbagai inspirasi padu padan yang cocok untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Tidak hanya itu saja, untuk pembelanjaan senilai minimal Rp 500.000 di UNIQLO Senayan City dan UNIQLO.COM, pengunjung berkesempatan untuk mendapatkan hadiah langsung di vending machine yang tersedia pada instalasi. Hadiah yang disediakan antara lain adalah beberapa produk UNIQLO dan juga refreshment berupa minuman segar. Program ini tersedia hanya selama periode instalasi berlangsung, yakni pada tanggal 2-5 Mei 2024.

Baca Juga: 5 Perampokan Bank Paling Fenomenal di Kota Medan, Mirip di Film-film

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya