Uniknya Olppaemi Project, Inspirasi Millenial Tak Tabu Bahas Politik

Olppaemi Project terinspirasi K-Pop fandom Culture

Baru berdiri awal Januari 2024, akun Olppaemi Project (@olpproject) di media sosial X langsung menarik perhatian publik, khususnya millenial dan Gen Z. Kini akun X Olppaemi Project sudah diikuti lebih dari 58 ribu pengikut.

Olppaemi Project memberikan dukungan pada Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan cara yang unik dan bergenre K-Pop. Salah satunya adalah melakukan fundraising yang digunakan untuk memasang iklan videotron Anies-Cak Imin di Jakarta, Medan, Surabaya. Kemudian juga mengirim foodtruck, dan membuat website haveaniesday dan lain sebagainya.

Lantas, siapa sih sebenarnya Olppaemi Project dan apa tujuannya? Yuk simak hasil wawancara IDN Times dengan salah satu tim Olppaemi Project.

1. Tidak berhenti di Anies

Uniknya Olppaemi Project, Inspirasi Millenial Tak Tabu Bahas PolitikUnggahan Olppaemi Project di akun X @olpproject (Dok. @olpproject)

Sophie, tim Olppaemi Project menceritakan Olppaemi Project baru berdiri tanggal 4 Januari 2024. Ada beberapa tujuan didirikannya Olppaemi Project.

Pertama, untuk mendukung Pak Anies secara personal karena telah menginspirasi para Humanies.

Kedua, untuk memberikan kesadaran dan edukasi politik kepada masyarakat dengan cara yang menyenangkan. Ketiga menjadi wadah kreatifitas masyarakat Republik Indonesia dapat dilihat dari hasil project yang telah dilaksanakan.

Lantas setelah Piplres apakah Olppaemi Project akan dibubarkan?

"Olppaemi Project didirikan tidak khusus untuk mempromosikan pilpres dan akan dilanjutkan sebagai wadah kreatifitas masyarakat secara inklusif," jelas Sophie pada IDN Times, Jumat (26/1/2024).

2. Terinspirasi dari akun Anies Bubble

Uniknya Olppaemi Project, Inspirasi Millenial Tak Tabu Bahas PolitikUnggahan Olppaemi Project di akun X @olpproject (Dok. @olpproject)

Menurut Sophie, Olppaemi Project terinspirasi dari akun Anies Bubble yang memuat konten live Tik Tok Pak Anies dengan cara yang biasa digunakan oleh Kpoper.

Kemudian seseorang dari akun X bernama @daedosoo berinisiatif untuk membuat foodtruck sebagai manifestasi dukungan kepada pak Anies. Ternyata banyak muncul dukungan tak terduga dari masyarakat, maka terbentuklah Olppaemi project.

"Untuk project selama ini dilakukan secara spontan. Jadi tidak hanya videotron, website, dan foodtruck saja. Jadi jika mau tahu update apa yang akan dilakukan selanjutnya harus melihat akun X Olppaemi project untuk mengetahui projectnya," terangnya.

3. Hasil Fundraising sudah lebih dari Rp200 juta

Uniknya Olppaemi Project, Inspirasi Millenial Tak Tabu Bahas PolitikUnggahan Olppaemi Project di akun X @olpproject (Dok. @olpproject)

Meski baru berdiri belum genap satu bulan, Fundraising yang berhasil cukup mengejutkan. Total, kata Sophie, yang telah dikumpulkan sejauh ini jumlahnya sudah lebih dari Rp200 juta dan terus bertambah setiap hari.

Namun ia menegaskan, project ini tidak bertujuan untuk mendulang dukungan K-Poppers melainkan untuk menarik perhatian seluruh lapisan masyarakat. Namun secara kebetulan, rata-rata orang yang mendukung project ini merupakan K-Poppers.

"Metode komunikasi kami terinspirasi dari K-Pop fandom Culture. Mungkin itu yang menyebabkan banyak K-Poppers yang tertarik untuk mendukung," jelasnya.

4. Olppaemi Project tidak terafiliasi dengan Timnas pemenangan

Uniknya Olppaemi Project, Inspirasi Millenial Tak Tabu Bahas PolitikUnggahan Olppaemi Project di akun X @olpproject (Dok. @olpproject)

Namun di tengah hiruk pikuk Pilpres 2024, ada yang menuding Olppaemi Project adalah bagian dari relawan capres-cawapres atau bahkan bagian dari strategi Timnas Pemenangan. Secara tegas, Sophie membantahnya. 

"Olppaemi Project tidak terafiliasi dengan Timnas dan tidak merepresentasikan K-Poppers secara keseluruhan. Jadi kami murni gerakan sukarela," ungkapnya.

Lewat gerakan ini, Olppaemi Project ingin membuka mata masyarakat luas yang selama ini enggak berjibaku dengan politik agar tidak tabu lagi membahas politik. 

"Pesan kami adalah, masyakat, khususnya anak muda, tidak harus takut dan merasa tabu untuk membahas politik karena kita berhak menentukan pemimpin negara secara objektif dengan cara yang menyenangkan di @olpproject," pungkasnya.

Baca Juga: Bikin Pangling, 10 Potret Terbaru Kahiyang Ayu dengan Wajah Tirus

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya