Membandel, 15 Pendaki dari Medan Diamankan Petugas BKSDA Sumbar

Coba mendaki Singgalang untuk rayakan malam Tahun Baru

Padang, IDN Times - Sebanyak 15 pendaki asal kota Medan, Sumatera Utara diamankan petugas patroli Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat, Minggu (31/12/2023) malam. Mereka dianggap pendaki ilegal yang hendak melakukan pendakian di Gunung Singgalang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Balai KSDA Sumatera Barat, Lugi Hartanto menyebut, ke-15 pendaki itu berencana merayakan malam pergantian tahun baru di Gunung Singgalang.

Sejak pekan kedua Desember 2023, Gunung Singgalang bersamaan dengan Gunung Tandikek dan Sago Malintang resmi ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini berkaitan dengan erupsi Gunung Marapi yang terus erupsi sebulan terakhir.

"Empat gunung yang di bawah pengelolaan Balai KSDA Sumatera Barat yakni Marapi, Singgalang, Tandikat dan Sago Malintang ditutup sementara waktu. Ke-15 pendaki ini, diamankan saat tim patroli kita bekerja-sama dengan jajaran Polsek X Koto melaksanakan patroli pengawasan dan pengamanan aktivitas pendakian,"kata Lugi Hartanto, Senin (1/1/2024)

Mereka kemudian dibawa ke Polsek X Koto untuk diberikan pembinaan dan proses lebih lanjut.

Baca Juga: Pemerintah Desa Karang Gading Bantu Logistik Pengungsi Rohingya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya