TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gajah Jantan Mati di Kawasan APL Pidie Jaya, Diduga Tersengat Listrik

Sepasang gading diamankan dari bangkai gajah

Gajah Sumatera mati di kawasan APL di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Diduga tersengat listrik. (Dokumentasi BKSDA Aceh untuk IDN Times)

Banda Aceh, IDN Times - Satu individu Gajah Sumatera atau Elephas maximus sumatranus ditemukan mati di Gampong Aki Neungoh, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Selasa (20/2/2024).

“Kita mendapatkan informasi dari masyarakat perihal ditemukannya seekor gajah sumatera mati di daerah transmigrasi Panton Limeng, Desa Aki Neungoh,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Gunawan Alza, Sabtu (24/2/2024).

1. Gajah mati di kawasan APL transmigrasi

Gunawan mengatakan, informasi kematian satwa liar dilindungi tersebut pertama kali diinformasikan oleh warga. Menindaklanjuti laporan itu, tim dari Resort Wilayah 5 Sigli Seksi Konservasi Wilayah 1 Lhokseumawe BKSDA Aceh menuju lokasi untuk memastikan.

Tim kemudian menemukan bangkai gajah sesuai informasi yang disampaikan oleh warga. Selanjutnya berkoordinasi dengan Kepolisian Sektor (Polsek) Bandar Baru untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Sementara itu, BKSDA Aceh bersama dokter hewan dibantu tim gabungan beserta Pusat Kajian Satwa Liar (PKSL) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Syiah Kuala (USK) dan masyarakat, melakukan bedah bangkai untuk memastikan penyebab kematian.

“Lokasi kematian gajah berada di areal penggunaan lain (APL) daerah transmigrasi,” ujar Gunawan.

Baca Juga: Harimau Sumatra Masuk Rumah Warga di Riau, Gigit Kaki Balita

2. Kematian gajah diduga akibat tersengat listrik di pagar

Dia menyampaikan, penyebab gajah tersebut mati diduga karena tersengat listrik. Hal itu berdasarkan hasil olah TKP di sekitar lokasi penemuan bangkai gajah yang terdapat pagar listrik mengelilingi kebun masyarakat.

“Terdapat kawat setrum yang terlilit pada kaki kanan bagian depan dan sebagian terlilit di bagian tubuh gajah,” ungkapnya.

Gunawan menyebutkan, hasil pemeriksaan tim dokter hewan BKSDA Aceh dan PKSL FKH USK, kondisi bangkai gajah sudah mengalami pembusukan organ atau autolisis. Gajah jantan tersebut diperkirakan berusia 13 tahun.

Berita Terkini Lainnya