TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cerita Eka Dalanta Sebagai Perempuan Sastra dan Literasi di Medan

Eka juga mendirikan komunitas Ngobrol Buku

Sosok perempuan bernama Eka Dalanta Rehulina Tarigan (Instagram @ekadalanta)

Medan, IDN Times - Sosok perempuan bernama Eka Dalanta Rehulina Tarigan memang sudah tidak asing lagi dalam dunia sastra dan literasi, khususnya di Kota Medan, Sumatera Utara.

Mendekatkan sastra menjadi lebih dikenal oleh masyarakat adalah misinya, itu sebabnya ia mendirikan komunitas Ngobrol Buku.

Komunitas yang berdiri pada tanggal 20 Mei 2020 ini menjadi wadah yang berguna untuk mendekatkan sastra kepada khalayak luas.

1. Berbekal kegemarannya membaca buku sejak kecil

Sosok perempuan bernama Eka Dalanta Rehulina Tarigan (Instagram @ekadalanta)

Berbekal kegemarannya membaca buku sejak kecil, menjadikan Eka sebagai sosok yang memegang teguh hobi dan kecintaannya kepada sastra dan buku.

Mulai dari mengemban pendidikan jurusan Sastra Indonesia di bangku perkuliahan sampai mendirikan komunitas yang membahas tentang buku.

“Berangkat dari kecintaan kepada sastra Indonesia dan ingin memperkenalkannya kepada khalayak luas bahwa sastra itu sebenarnya gak berat sama sekali. Ngobrolin karya sastra itu penting karena akan menjadikan kita sebagai pribadi yang memiliki rasa empati dan sikap yang memanusiakan manusia lain dengan baik,” ujar Eka, kepada Tribun Medan, Jumat (20/10/2023).

Komunitas Ngobrol Buku juga menjadi salah satu bukti bagaimana Eka berusaha untuk mengenalkan dunia sastra kepada masyarakat dengan memanfaatkan media sosial.

“Tujuan dibuatnya komunitas ini juga diharapkan bisa memperkenalkan kekayaan sastra Indonesia kepada khalayak luas terutama kepada anak-anak muda yang minat sastra dan literasinya yang semakin menurun setiap harinya, maka dari itu kami menggunakan platform sosial media seperti Instagram sebagai wadah untuk berdiskusi,” jelasnya.

2. Tepat pada 27 September 2023 lalu, Eka ditetapkan sebagai Duta Baca Daerah Kabupaten Karo

Sosok perempuan bernama Eka Dalanta Rehulina Tarigan (Instagram @ekadalanta)

Hingga saat ini, komunitas Ngobrol Buku rutin mengadakan diskusi melalui siaran langsung Instagram @ngobrol.buku setiap Jumat pukul 20.00 WIB. Juga kegiatan luring dilakukan satu atau dua kali dalam sebulan.

Dengan menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi, tidak hanya penulis atau sastrawan melainkan siapa saja yang membaca karya sastra.

Selain mendirikan suatu Komunitas, Eka turut aktif dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengenalan sastra dan peningkatan literasi di wilayah Sumatera Utara dan secara bertahap merambah ke luar pulau Sumatera.

Tepat pada 27 September 2023 lalu, Eka ditetapkan sebagai Duta Baca Daerah Kabupaten Karo Sumatera Utara periode 2023-2027, karena dedikasinya yang tinggi terhadap penyebarluasan informasi tentang sastra dan literasi. Ia bertanggungjawab untuk berperan penting dalam meningkatkan literasi sebagai sumber inspirasi, motivasi dan mendorong masyarakat Karo untuk gemar membaca.

Berita Terkini Lainnya