5 Manfaat Dongeng untuk Tumbuh Kembang Anak, Melatih Emosional Diri

Jadikan mendongeng sebagai rutinitas menyenangkan untuk anak

Dongeng telah menjadi bagian penting dari pengalaman pertumbuhan anak-anak di seluruh dunia selama bertahun-tahun. Cerita yang diceritakan secara turun-temurun membawa pesan moral, hiburan, dan pendidikan yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak.

Dongeng memiliki peran penting dalam perkembangan anak secara keseluruhan, dari membantu mengembangkan imajinasi hingga menanamkan prinsip moral.

Yuk perhatikan lebih jauh bagaimana dongeng dapat berfungsi sebagai alat untuk mengubah pikiran dan karakter anak-anak.

1. Membiasakan kebiasaan membaca

5 Manfaat Dongeng untuk Tumbuh Kembang Anak, Melatih Emosional DiriMendongeng (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Kegiatan mendongeng dapat menciptakan kecintaan anak untuk membaca, hal ini sangat berguna untuk perkembangan intelektualnya. Saat anak-anak disuguhkan berbagai cerita sejak usia dini, mereka cenderung menjadi pembaca hingga akhir hayat mereka.

Mendengarkan cerita merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Cerita yang menarik dan penuh imajinasi dapat mendorong rasa ingin tahu untuk mengetahui lebih banyak tentang cerita sehingga mereka mulai membaca buku secara mandiri.

2. Melatih berpikir kreatif

5 Manfaat Dongeng untuk Tumbuh Kembang Anak, Melatih Emosional DiriMendongeng (pexels.com/MART PRODUCTION)

Mendongeng memiliki dampak pada anak untuk berpikir kreatif dan memecahkan masalah dengan menganalisis cerita dan meneliti dengan berbagai sudut pandang. Ragam cerita dapat menunjukkan kepada anak-anak bahwa mimpi besar mereka sangat mungkin terjadi.

Sesekali berikan mereka kebebasan untuk memilih akhir cerita mereka sendiri, cara ini dapat melatih imajinasi dan keterampilan bercerita mereka. Biarkan mereka menjadi tokoh utama dan minta anak membayangkan jika mereka berada di posisi salah satu karakter tersebut.

3. Mengajarkan nilai moral

5 Manfaat Dongeng untuk Tumbuh Kembang Anak, Melatih Emosional DiriMendongeng (pexels.com/MART PRODUCTION)

Mendongeng adalah cara yang bagus untuk mengajarkan nilai-nilai moral kepada anak. Cerita yang penuh dengan moralitas dapat membantu anak belajar tentang hal-hal seperti kejujuran, kebaikan, dan nilai-nilai lainnya yang penting dalam kehidupan.

Bacakan cerita pengantar tidur kepada anak dan pilih judul kisah dengan karakter dan alur cerita tentang prinsip moral dasar seperti kebaikan, kejujuran dan kemurahan hati. Perlu juga memberikan pemahaman kepada anak untuk menghindari salah artian dari keseluruhan cerita.

4. Membangun kecerdasan emosional

5 Manfaat Dongeng untuk Tumbuh Kembang Anak, Melatih Emosional DiriMendongeng (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ketika anak dibacakan cerita tentang tokoh-tokoh yang menghadapi situasi yang sulit secara tidak langsung dapat mengajarkan nilai perjuangan kepada mereka. Anak akan belajar tentang bagaimana mengatasi masalah dan mengatur emosi mereka.

Mendongeng juga dapat membantu anak-anak memahami perasaan orang lain. Mendengarkan cerita tentang karakter yang baik hati, suka menolong, dan pemaaf dapat mengajarkan mereka berempati terhadap orang lain.

5. Memperkaya kosa kata bahasa

5 Manfaat Dongeng untuk Tumbuh Kembang Anak, Melatih Emosional DiriMendongeng (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Mendongeng dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak seperti mendengarkan, kosakata, dan tata bahasa. Dengan mendengarkan cerita, anak-anak akan mengetahui berbagai jenis kata dan kalimat yang akan membantu perkembangan bahasa mereka.

Pengetahuan mengenai kosa kata dan tata bahasa sangat penting dalam proses tumbuh dan kembang anak. Semakin banyak kata yang diketahui maka semakin mudah memahami dan mengatakan apa yang ingin dikatakan atau ditulis.

Dongeng terbukti menjadi alat dalam membantu membentuk karakter dan kepribadian anak-anak menjadi lebih baik. Mulai hari ini cari buku cerita dengan tema menarik dan mulai mendongeng untuk anak!

Mega Ansav Photo Community Writer Mega Ansav

Waspada dahulu, tenang kemudian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya