TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mendapatkan Google Certified Educator, Guru Pasti Bisa! 

Menjadi pengajar inovatif, siswa semakin kreatif

ilustrasi menjadi pengajar inovatif (pexels.com/Max Fisher)

Tidak dapat dipungkiri bahwa siswa zaman now sangat dekat dengan digital. Mereka adalah digital native, tanpa belajar sudah bisa menggunakan gadget. Pembelajaran yang pasif dan tidak kreatif membuat siswa cepat bosan dan tidak menyukai materi pembelajaran. Jika dibiarkan akan berdampak pada hasil pembelajaran.

Mendapatkan Google Certified Educator adalah cara menjadi pengajar inovatif untuk dapat mentransformasi pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. Sertifikasi ini menunjukkan kemampuan guru menggunakan seluruh perangkat Google Workspace for Education seperti google site, google slide, google meet, google earth, google art and culture, dan lain-lain. Mengajar menjadi interaktif, siswa semakin kreatif.

Nah, bagaimana cara mendapatkan Google Certified Educator? Yuk, intip 5 tips berikut!

1. Melakukan pendaftaran Program Master Trainer

ilustrasi mendaftar pelatihan (pexels.com/RDNE Stock Project)

Biasanya kamu akan mendapatkan E-Flyer tentang pendaftaran Program Master Trainer di grup-grup pendidikan atau media sosial. Namun agar tidak ketinggalan informasi, kamu dapat mengikuti Instagram Refo Indonesia. Segera lakukan pendaftaran jika sudah dibuka. 

Form pendaftaran tidak hanya mengisi biodata pada umumnya, namun ada isian dan link terkait materi Google Workspace for Education. Jika kamu lulus sebagai peserta, maka segera masuk ke ruang kelas maya (google classroom) yang diinformasikan pada email yang kamu daftarkan. Kamu juga harus memilih mentor yang akan membantu selama pelatihan.

Baca Juga: Mengenal Fatimah Siswa MAN 1 Pemenang Inisiator Muda Moderasi Beragama

2. Menghadiri kelas online

ilustrasi menghadiri kelas online (pexels.com/Joshua Miranda)

Program master trainer dilaksanakan selama 4 minggu. Pada setiap minggunya akan ada tugas-tugas dan kelas online via youtube. Selama live streaming kamu akan dipandu oleh coach steven bersama kawan-kawannya. Mereka akan memberikan motivasi dan wawasan luas yang membangkitkan semangat menjadi pembelajar.

Ketika kamu tidak sempat menyaksikan live streaming, tontonlah rekamannya di waktu senggang. Namun tetap memperhatikan due datenya.  Menunda pekerjaan sama saja menumpuk pekerjaan dan menunda kehidupan yang lebih baik.

3. Mengerjakan try out teori dan praktik

ilustrasi mengerjakan try out teori dan praktik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Untuk membantu kamu memahami konsep dan ujian, kamu wajib mengerjakan try out teori dan praktik secara mandiri. Pastikan nilai minimal 80 disetiap unit review. Usahakan nilai sempurna, itu yang terbaik. Terapkan juga pengetahuan yang kamu dapatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah semua try out dikerjakan pada setiap minggunya, kerjakan simulasi ujian Google Certified Educator (GCE) sebagai syarat mengambil ujian GCE. Kode simulasi ujian dapat ditanyakan kepada mentor masing-masing. Kamu juga dapat berkonsultasi tentang hal-hal yang belum dimengerti.

4. Melakukan pengimbasan

ilustrasi pengimbasan (pexels.com/Ivan Samkov)

Setelah mempelajari teori dan praktik Google Workspace for Education, tugas selanjutnya adalah mengimbaskan materi tersebut kepada minimal 50 orang. Kamu dapat berkolaborasi dengan sesama peseta Pelatihan Google Master Trainer baik secara daring maupun luring. Percayalah akan ada banyak guru/teman di seantero negeri yang mau berlatih dan menerima ilmu dari kamu.

Pengimbasan ini sangat berdampak dalam meningkatkan kapasitas kamu sebagai pembelajar sekaligus narasumber. Ketika kamu berkolaborasi dan berbagi maka semakin memantapkan dan mengukuhkan ilmu yang kamu dapatkan. Pengalaman berinteraksi dengan orang-orang adalah suatu hal yang berharga untuk mengaktualisasikan diri.

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Docs Outline Tool, Ternyata Gampang!

Writer

Qurrotul Aini

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya